Mohon tunggu...
Jasmine Tarac
Jasmine Tarac Mohon Tunggu... Mahasiswa - membuat Karya

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Gebrakan di Tengah Transisi Pandemi Covid-19 Mahasiswa PGSD UHAMKA Laksanakan PLP tahap II di SDN Cijantung 05 Pagi

9 Desember 2022   16:40 Diperbarui: 9 Desember 2022   16:46 126
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

      

Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. HAMKA (UHAMKA) menyelenggarakan Program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 untuk mahasiswa/i semester 7 tahun 2022. 

Dalam program ini, mahasiswa akan menjalani proses pengamatan dan pemagangan yang dilakukan untuk mempelajari aspek pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran di sekolah yang bertujuan mengembangkan jati diri sebagai pendidik dan pengajar yang profesional sesuai bidang studi dan memantapkan kemampuan awal dalam menelaah dan merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), mengetahui bagaimana struktur organisasi yang ada disekolah, cara mengembangkan kurikulum yang ada disekolah, dan mengetahui karakteristik peserta didik yang ada disekolah.

Kami memiliki kesempatan di SDN Cijantung 05 Pagi, Jakarta Timur. Kegiatan PLP 2 ini dimulai pada tanggal 10 Oktober - 12 Desember 2022. Kelompok PLP 2 yang dibimbing oleh Sri Lestari Handayani, M.Pd ini beranggotakan Bagus Setiawan sebagai ketua kelompok, Jasmine Tahfani Rachmawita, Andhini Nur Afifah, Sahla Weny Triannisa, Nurul Istiqomah, Maryam Afifah Sabirah, dan Michiko Nur Aulia. Pelaksanaan PLP 2 yang dilaksana kan secara luring dengan mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah dengan menggunakan masker, melaksanakan 3M, mencuci tangan, dan menjaga jarak, Mengingat adanya wabah virus yang masih terus terjadi.

Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh SDN Cijantung 05 Pagi sudah lengkap seperti adanya alat-alat untuk olahraga yang cukup, kamar mandi guru dan siswa yang ada disetiap lantai, Gudang, ruang kepala sekolah, ruang kelas 1-6 yang memadai, ruang guru, UKS, perpustakaan, ruang keagamaan, aula, Musholah, kantin, taman untuk makan saat istirahat, bahkan SDN Cijantung 05 Pagi memiliki dapur umum. 

Kepala sekolah SDN Cijantung 05 Pagi yaitu Hesti Wulandari, S.Pd SD menyambut kami dengan tangan terbuka, sehingga mahasiswa merasa nyaman dalam menjalankan kegiatan PLP 2 ini. Pembagian kelas sudah diatur oleh Ratna Sari Harahap, S.Pd selaku guru pamong, serta guru-guru di sekolah meberikan kesepatan seluas-luasnya kepada mahasiswa untuk melaksanakan pembelajaran di kelasnya. 

"Saya sangat senang atas hadirnya kakak kakak UHAMKA yang akan melaksanakan PLP 2 di Sekolah ini, kami pasti akan sangat terbantu dengan kehadiranya" ujar Kepala Sekolah.

Kegiatan yang kami lakukan pada PLP 2 ini yaitu Menyusun prangkat pembelajaran yang lengkap dari RPP, LKPD, maupun media pembelajaran dan melakukan proses pembelajaran dikelas yang sudah diatur sesuai jadwal dan setiap minggunya kami diberikan kesempatan untuk menempati 1 kelas. Sehingga kami mengetahui perbedaan yang ada di masing-masing kelas dan mengetahui beberapa karakteristik peserta didik yang ada disetiap kelasnya. Kami diberikan kesempatan untuk memasuki kelas 2,3,4,5.

Dikelas 4 kita bisa mempelajari bagaimana kurikulum merdeka belajar karena SDN Cijantung 05 Pagi menerapkan Kurikulum merdeka belajar di kelas 1 dan 4. "ini merupakan pengalaman berharga karena saya dapat berkesempatan berkontribusi membuat perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka" ujar Weny selaku anggota PLP 2.

Selain dalam proses pembelajaran kami juga dilibatkan dalam kegiatan-kegiatan yang ada disekolah baik intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Seperti contoh pembiasaan-pembiasaan yang ada disekolah tersebut, maupun ekstrakurikuler seperti pramuka. Kami berkesempatan untuk mengikuti kegiatan PERJUSA (Perkemahan Jumat Sabtu) yang diadakan oleh pihak sekolah. Sehingga kami mengetahui bagaimana cara menjadi pembina, kegiatan yang ada saat PERJUSA itu sendiri, dan nilai yang terkandung dalam kegiatan PERJUSA (Perkemahan Jumat Sabtu).

Dokpri
Dokpri

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun