Mohon tunggu...
Jasmine Nurul
Jasmine Nurul Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Keperawatan Universitas Diponegoro

Selanjutnya

Tutup

Healthy

Diseminasi "Isi Piringku" di Dusun Mediyunan oleh Mahasiswa Undip

14 Agustus 2022   10:55 Diperbarui: 14 Agustus 2022   12:38 46 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

MAGELANG-Diseminasi "Isi Piringku" telah dilaksanakan pada pagi hari, pukul 09.00 WIB, bertempat di Gedung TPA An-Nur, Dusun Mediyunan, Desa Keji (4/8). 

Sosialisasi "Isi Piringku" diberikan kepada Ibu-Ibu Posyandu Dusun Mediyunan. Penulis selaku mahasiswa tim 2 KKN Undip tahun 2022 mengadakan kegiatan ini dengan tujuan untuk memperkenalkan panduan "Isi Piringku". 

Secara umum "Isi Piringku" merupakan pedoman untuk memenuhi gizi seimbang yang menggambarkan tentang porsi makan yang dikonsumsi dalam satu piring yang terdiri dari 50 persen buah dan sayur, dan 50 persen sisanya terdiri dari karbohidrat dan protein. 

Dalam "Isi Piringku" terdapat perbedaan takaran pada orang dewasa, anak usia 6-23 bulan, serta anak dengan usia 2-5 tahun. Penerapan "Isi Piringku" dapat dijadikan cara untuk mencapai salah satu perilaku hidup bersih sehat di rumah tangga yaitu makan sayur dan buah setiap hari. 

Kegiatan ini didampingi oleh pihak puskesmas yang kemudian dilanjutkan dengan kelas ibu dan balita. Setelah pembukaan, kegiatan dilanjutkan dengan edukasi mengenai isi piringku, asupan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh beserta makanan penukarnya, dan komposisi isi piringku berdasarkan usia. 

Dokpri
Dokpri

Antusiasme ibu-ibu posyandu Dusun Mediyunan dalam kegiatan ini sungguh luar biasa. Semoga kegiatan yang telah terlaksana dapat memberikan manfaat bagi warga Dusun Mediyunan.

Penulis: Jasmine Nurul Wahidah (Fakultas Kedokteran)

DPL: Irawati, S.H., M.H.

Lokasi: Dusun Mediyunan, Desa Keji, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan