Mohon tunggu...
Jasmine Afridanti
Jasmine Afridanti Mohon Tunggu... -

A Communications student who loves reading books and passionate in learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Cegah Corona, Berikut 3 Cara Menyapa Orang Lain Selain dengan Bersalaman

6 Maret 2020   00:24 Diperbarui: 6 Maret 2020   18:34 187 1 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cegah Corona, Berikut 3 Cara Menyapa Orang Lain Selain dengan Bersalaman
1583424968343-5e6231c9097f3652977802f4.jpg

Menyapa orang lain dengan cara bersalaman, sudah menjadi kebiasaan yang dilakukan oleh banyak orang. Namun, kebersihan tangan orang lain bukanlah hal yang dapat kita jaga dan ketahui.

Dilansir dari tirto.id, World Health Organization (WHO) telah mengungkapkan bahwa salah satu cara penyebaran virus Corona adalah melalui tetesan cairan yang dilepaskan oleh penderita COVID-19 ketika batuk, bersin, atau bernafas. Kebanyakan dari tetesan cairan tersebut jatuh pada benda-benda di dekatnya. Ketika benda-benda tersebut kita sentuh, virus dan bakteri yang ada dapat menempel pada telapak tangan kita. Maka saat kita menyentuh mata, hidung, atau mulut, tanpa disadari kita sudah mentransfer virus dan bakteri tersebut ke tubuh kita.

Prodi Ilmu Komunikasi President University adalah salah satu program studi yang menerapkan senyum, salam, dan sapa (3S) sebagai sebuah kebiasaan baik yang dilakukan oleh para akademisi. Dengan kata lain, bersalaman adalah cara yang paling sering dilakukan untuk menyapa satu sama lain.

Sadar akan pentingnya hal tersebut, Prodi Ilmu Komunikasi President University menghimbau, khususnya para akademisi, untuk mengganti kebiasaan bersalaman dengan melakukan beberapa cara berikut saat menyapa orang lain.

1. Membungkukkan Badan atau Kepala.
Membungkukkan badan atau kepala adalah salah satu alternatif yang dapat dilakukan untuk menyapa orang lain. Sebelum membungkukan badan atau kepala, pastikan orang yang kamu sapa sudah mengetahui keberadaanmu, misalnya dengan memanggilnya terlebih dahulu.

2. Saling Menepuk Punggung.
Dilansir dari antaranews.com, menurut Brad Hazzard (Menteri Kesehatan New South Wales), saling menepuk punggung merupakan suatu bentuk kesopanan dan dapat dipakai untuk menggantikan jabat tangan saat menyapa orang lain, untuk sementara waktu. Cara ini sebaiknya hanya dilakukan ketika kamu ingin menyapa kerabat terdekatmu.

3. Salam "Wai".
Masyarakat Thailand menggunakan "Wai" sebagai cara mereka memberi salam kepada orang lain, yakni dengan mengangkat kedua telapak tangan seperti berdoa dan sedikit membungkukan badan (suara.com). Cara bersalaman ini juga seringkali dilakukan oleh sebagian orang di Indonesia.

Selain melakukan beberapa cara tersebut, jangan lupakan pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan setelah beraktifitas. Cuci tanganmu sesuai dengan prosedur yang sudah dianjurkan, demi mencegah penyebaran virus Corona yang semakin meluas.

---

Content created by: Public Relation Students, Communication Studies, President University

Article Writer: Steven Chaniago
Visual Designer: Natanael Aquila & Nienda Farras Athifah
Editor: Zefanya Ariella

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x