Mohon tunggu...
Jasmine Afridanti
Jasmine Afridanti Mohon Tunggu... -

A Communications student who loves reading books and passionate in learning new things.

Selanjutnya

Tutup

Karir

Bermodalkan Komunikasi dan Kreativitas, Inilah 3 Profesi Public Relations dengan Gaji Menggiurkan

23 Februari 2020   19:42 Diperbarui: 6 Maret 2020   18:41 179 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bermodalkan Komunikasi dan Kreativitas, Inilah 3 Profesi Public Relations dengan Gaji Menggiurkan
261226-5e62340c097f3643313a35e3.jpg

Public Relations (Humas) adalah salah satu pekerjaan yang cukup digemari, khususnya di masa kini. Alasan utama pekerjaan bidang hubungan masyarakat ini memiliki banyak peminat adalah beragamnya jenis lapangan pekerjaan bagi praktisi PR. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa kamu tekuni bila ingin terjun ke dunia PR.

 1. Public Relations Manager

Lowongan pekerjaan bergaji 26 sampai 50 juta/bulan (berdasarkan detik.com) ini sudah banyak dibuka di Indonesia, apalagi di perusahaan besar seperti Bank, PT, dan Hotel. Seorang PR Manager harus memiliki kemampuan untuk mengembangkan rencana komunikasi pemasaran, termasuk strategi, taktik, dan tujuan yang ingin dicapai.

 2. Brand Manager

Bekerja sebagai Brand Manager menuntut kamu untuk mempunyai kemampuan organisasi, kreativitas, dan analisis yang baik. Selain itu, memahami apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh publik/pelanggan juga tidak kalah penting. Semua skill tersebut nantinya akan digunakan untuk membuat dan meningkatkan citra juga reputasi perusahaan agar dapat bersaing dengan perusahaan lain. Dilansir dari detik.com, gaji seorang Senior Brand Manager dapat mencapai angka 51 juta per bulan!

 3. Social Media Manager

Bagi kamu yang suka dengan media sosial atau ingin punya penghasilan dengan menekuni bidang tersebut, menjadi Social Media Manager adalah pekerjaan yang cocok buat kamu. Menulis, fotografi, membuat koneksi dengan media maupun influencers, dan selalu tahu informasi terkini adalah kemampuan dasar yang wajib dimiliki oleh seorang pengatur media sosial. Pekerjaan yang tidak mudah untuk dilakukan namun, minimal 420 juta rupiah (bbc.com) bisa kamu kantongi dalam setahun apabila kamu melakoni pekerjaan sebagai Social Media Manager.

Tiga contoh pekerjaan tersebut hanyalah sebagian kecil dari luasnya lapangan pekerjaan di bidang Public Relations. Setiap pekerjaan pasti memiliki tantangannya masing-masing, apalagi seorang Public Relations harus bisa selalu beradaptasi dengan perubahan zaman.

Sekedar ilmu pengetahuan saja tidaklah cukup untuk membantu kamu berkompetisi dengan orang lain. Maka dari itu, kamu harus memperlengkapi dirimu dengan pengalaman yang mendukung. Setiap kegagalan dan keberhasilan yang dialami, dapat digunakan sebagai bekal untuk di dunia pekerjaan yang sesungguhnya.

---

Content created by: Public Relation Students, Communication Studies, President University

Article Writer: Steven Chaniago
Visual Designer: Natanael Aquila & Pham Khang
Editor: Zefanya Ariella

VIDEO PILIHAN