Mohon tunggu...
Jasmine Kayla
Jasmine Kayla Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Trying to learn how to write properly.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud Pilihan

Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia

15 November 2023   10:29 Diperbarui: 15 November 2023   10:35 487
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendidikan merupakan salah satu hal terpenting dalam kehidupan manusia. Setiap orang berhak mendapatkan pendidikan yang utuh dan adil. Namun di Indonesia seringkali terjadi ketidakmerataannya pendidikan. Selain itu, terdapat diskusi mengenai sistem pendidikan di Indonesia yang dianggap tidak efektif. Hal ini terlihat dari tertinggalnya kualitas pendidikan di Indonesia dibandingkan negara lain, padahal sistem pendidikan yang digunakan di Indonesia tidak jauh berbeda dengan sistem yang digunakan negara lain. Perbedaannya hanya pada kesalahan yang dilakukan saat latihan lapangan yang menimbulkan kesenjangan antara tujuan sistem pendidikan dengan pelaksanaan sebenarnya. Hal ini pada akhirnya membuat semua tujuan tersebut tidak dapat tercapai dan terselesaikan dengan baik.

Lantas apa masalah-masalah yang menyebabkan problematika kualitas pendidikan di Indonesia ini? Ada beberapa contoh:

  1. Semakin  banyaknya  peserta  didik  yang  tidak  sebanding  dengan  ketersediaan  sarana pendidikan yang bermutu.

Sudah menjadi topik hangat bahwa di tahun 2045, Indonesia akan memasuki generasi emas yang didominasi oleh kalangan pemuda yang produktif. Tetapi jika kualitas pendidikan tidak diperbaiki, hal itu hanya akan menjadi sekedar imajinasi.

  1. Langkanya sarana dan juga dana untuk memenuhi kebutuhan pendidikan

Keberlangsungan proses pendidikan tentunya harus didukung oleh fasilitas yang memadai dan pendanaan yang cukup untuk memenuhi segala kebutuhan penunjang proses pembelajaran seperti buku, sarana, tenaga pengajar, dan lain-lain.

  1. Mahalnya biaya pendidikan

Semakin maju zaman, semakin tinggi pula biaya hidup, termasuk biaya pendidikan. Penghapusan biaya pendidikan biasanya hanya terjadi di sekolah negeri  di kota-kota besar. Hal ini juga menyebabkan  kesenjangan pendidikan.

  1. Ketidaktepatan hasil pendidikan

Hasil belajar yang dicapai siswa tidak lagi  memenuhi kebutuhan  masyarakat. Banyak orang yang tidak bisa mengaplikasikan ilmu yang diperolehnya ketika melanjutkan studi di masyarakat.

  1. Ketidakefisienan sistem pendidikan

Sistem pendidikan saat ini menunjukkan keterlambatan dalam memenuhi kebutuhan di era yang berkembang. Oleh karena itu, terdapat kontradiksi antara sistem pendidikan saat ini dengan kebutuhan yang semakin berkembang.

Dari  beberapa  masalah  diatas,  pastinya  ada  sebuah  faktor  penyebab  terjadinya permasalahan  tersebut.  Ada  tiga  faktor  penyebab  rendahnya  kualitas  pendidikan  di Indonesia, yaitu sebagai berikut:

  1. Faktor Pendekatan Pembelajaran

Segala persoalan pendidikan yang terjadi di masyarakat Indonesia bermula dari  kegagalan sistem pendidikan. Baik itu  kegagalan pendidikan di lingkungan rumah, kegagalan pendidikan di masyarakat atau bahkan kegagalan pendidikan di sekolah. Apabila seluruh aspek di atas tidak maksimal dalam menjamin pembelajaran anak, maka anaklah yang akan menjadi korbannya.

  1. Faktor Perubahan Kurikulum

Di Indonesia, setiap pergantian kabinet pemerintahan, khususnya Menteri Pendidikan, kurikulum sekolah pun ikut berubah. Hal inilah yang menjadi penyebab rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia. Mengubah kurikulum lebih sering  tidak menjamin pendidikan berkualitas. Yang terjadi adalah tidak adanya peraturan khusus mengenai lembaga pendidikan. Kurikulum yang menjadi landasan pendidikan seorang guru  akan menjadi kurang maksimal jika terus-menerus diganti.

  1. Faktor Kompetensi Guru

Dalam   sebuah   pendidikan   yang   maju,   dibutuhkan   seorang   guru   yang profesional. Setiap guru diharuskan memiliki kemampuan dalam memahami materi bahan ajar secara luas dan mendalam. Salah satu kendalanya adalah di daerah-daerah terpencil yang dimana kekurangan tenaga pendidik yang memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun