Mohon tunggu...
Faisol Amir
Faisol Amir Mohon Tunggu... Seniman - Seniman/gendenggending

Seorang yang suka bermusik, berfikir, merenung dan menulis. Suka ngopi juga dan berdiskusi

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Campursari Gonjing Miring Ramaikan Pesta Rakyat Akhir Tahun di Jember

30 Desember 2022   00:38 Diperbarui: 30 Desember 2022   08:31 277
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Faisol Amir, 2022

Derasnya hujan yang mengguyur dari siang hingga malam hari, serta perubahan rundown acara tak menyurutkan semangat Sanggar Seni Campursari Gonjing Miring (CSGM) dalam memeriahkan Pesta Akhir Tahun masyarakat Jember bertajuk SAHATI Fest di Alun-alun Kota Jember pada 28 Desember 2022.

Penampilan CSGM dalam gelaran festival tersebut kembali mengukuhkan eksistensi mereka yang tak pernah padam dalam mengembangkan dan melestarikan kesenian tradisional khususnya seni musik campursari

Grup campursari yang dikomando oleh Supartu atau yang akrab disapa Cak Partu, tampil dengan formasi lengkap dan membawakan beberapa lagu campursari serta lagu-lagu ambyar yang saat ini digandrungi masyarakat. 

CSGM membuka pertunjukannya dengan lagu ambyar ciptaan Lek Dahlan berjudul "Los Dol" yang dipopulerkan oleh Denny Caknan. Lagu berlirik jenaka tersebut dibawakan dengan sangat asyik oleh vokalis andalan CSGM yakni Cak Londo. 

Meski membawakan lagu-lagu ambyar, CSGM tetap membalut lagu-lagu tersebut dengan sentuhan gamelan untuk menjaga warna tradisinya.

Cak Partu mengatakan bahwa lagu-lagu ambyar yang dimainkan sebagai bentuk respon dan apresiasi terhadap selera masyarakat yang terus berubah sesuai zamannya. Selain itu, penggarapan lagu-lagu ambyar tersebut menggunakan alat-alat musik tradisional dimaksudkan sebagai penguat rasa campursarinya. "Walaupun nggarap lagu ambyar, namun  Gonjing Miring tidak meninggalkan alat musik tradisional, karena paduan itu yg menandakan campursari," ujarnya.

Sahati Fest sendiri merupakan Pesta Rakyat Akhir Tahun sekaligus sebuah festival yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Jadi ke-94 Kabupaten Jember, Jawa Timur.

Pesta tersebut digelar selama 10 hari sejak tanggal 23 Desember 2022. 

Foto: Faisol Amir, 2022
Foto: Faisol Amir, 2022

Meski usianya telah lebih dari 20 tahun, CSGM tetap aktif berkarya dan menyemai rasa cinta akan seni budaya terhadap para generasi muda. 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun