Mohon tunggu...
janwar adittya
janwar adittya Mohon Tunggu... mahasiswa

menebar manfaat

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Review Buku "Sirah 65 Sahabat Rasulullah SAW"

11 Juni 2021   20:11 Diperbarui: 11 Juni 2021   20:27 31 1 0 Mohon Tunggu...

Oleh: Rahmatul Akbar

Buku  Sirah 65 Sahabat Rasululah SAW, buku yang ditulis langsung oleh Dr. Abdurrahman Ra'fat al-Basya ini, sangatlah menginspirasai sekali bagi kalangan pemuda dan pemudi, dan dapat dinikmatin oleh setiap kalangan umum dalam setiap tingakat pendidikan manapu.Kisah-kisah para sahabat yang ada di buku ini sangat pantas untuk digelari dengan Kisah Heroik, kisah yang memberikan keteladan dan motivasi besar bagi kehidupan agar selalu menjunjung  tinggi keimanan dan agama.

Tidak hanya itu, kisah-kisah yang terdapat di dalamnya seakan membuat kita hanyut dalam kekhusyuan, dari kisah yang diawali oleh sahabat  mulia yang dekat dengan Rasulllah SAW  dan sering dido'akan beliau yang salah satu doanya adalah: "Allahumma Urzuqhu Maalan Wa Waladan, Wa Baarik Lahu (Ya Allah, berikanlah ia harta dan keturunan, dan berkahilah hidupnya,)"  yaitu Anas bin Malik saudara kandung  Al Bara' bin Malik  atau sebutan  manjanya adalah Unais sampai diakhiri dengan kisah sahabat yang meninggalkan sebuah riwayat sangat berharga dan senantiasa dibaca oleh manusia sepanjang masa dikarenakan semasa hidupnya ia telah mempersembahkan untuk islam dua daerah besar dan makmur, keduanya adlah Palestina dan Mesir, dia adalah Amr bin Ash.

Kisah sahabat yang menarik bagi saya yaitu kisah Said bin Amir al-Jumaih kisah ke-2 dari buku tersebut, dan ahli sejarah pun mengatakan bahwasanya dirinya sanggup membeli akhirat dengan dunia, yang mana dia lebih mendahulukan Allah dan Rasul-Nya dari segala apapun. Seorang pemimpin yang sangat tawadhu' dan wara', uang 1.000 dinar yang diberikan Khalifah Umar bin Khattab untuknya, setelah itu ia bermusyawarah dengan istrinya agar uang tersebut dijadikan qardhan hasanah (pinjaman yang baik) kepada Allah dengan membagikan uang tersebut  dalam beberapa bungkus untuk para janda, yatim, orang miskin, dan orang fakir.

Sungguh emang sangat menarik buku ini untuk dibaca, dengan teknis atau gaya penulisan dari sang penulis mudah dimengerti, apalagi kisah-kisahnya diambil dari para sahabat yang kurang kita ketahui sebelumnya. Dengan cara bahasa, alur cerita, pesan-pesan dan penulisanya kejadian-kejadian yang terdapat dalam kisahnya pun dapat diresapi dan dibayangkannya.

Kesimpulan saya dalam membaca buku ini, sungguh sangat luar biasa sekali kisah-kisah yang ada di dalamnya. Saya sangat merekomendasikan buku seperti ini harus dikosumsi di kalangan kita, untuk menambahkan wawasan kita dengan para sahabat-sahabat Rasulullah yang memiliki nilai jasa yang sangat besar bagi generasi islam ini, tanpa membuat orang yang membacanya mengkhayalkan idola-idola yang sebenarnya tidak penah ada. Bagi yang telah membaca buku ini yuk mari kita ambil pelajaran dari mereka bagi hidup kita.

IDENTITAS BUKU
Judul: Sirah 65 Sahabat Rasulullah SAW
Penulis: Dr. Abdurrahman Ra'fat al-Basya
Penerbit: Zikrul Hakim
Cetakan: Pertama, 2016
ISBN: 9786023420612

VIDEO PILIHAN