Mohon tunggu...
Kus Harijanti. drg. MKes. SpPM
Kus Harijanti. drg. MKes. SpPM Mohon Tunggu...

Dokter gigi kekhususan di bidang oral medicine (penyakit mulut). Alumni FKG Unair angkatan 1972

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Fungsi Air Liur

1 Februari 2018   13:18 Diperbarui: 2 Februari 2018   02:02 1556 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Fungsi Air Liur
saliva pada bayi | factrange.com

Kucing adalah binatang kesayangan, tahukah anda bila kucing terluka tidak pernah menggunakan antiseptik apalagi antibiotik untuk mengobati lukanya. Selalu dia mengobati dengan cara menjilati lukanya dengan air liur.

Berarti didalam air liur terdapat kandungan antimikroba. Bagaimanakah dengan kandunga air liur manusia? Kandungan air liur manusia lebih dari antimikroba!

Air liur (saliva) adalah cairan yang berada didalam rongga mulut, bening, tidak berwarna dan kadang berbuih.

Sebenarnya  air liur (saliva) itu berasal dari mana? Dan apa fungsinya? Saliva merupakan cairan yg kompleks yang  diproduksi/disekresi dari kelenjar saliva (Salivary Glands)  merupakan cairan yang sangat penting bagi manusia terutama untuk pengunyahan dan bicara.

Kelenjar saliva terdiri dari kelenjar saliva mayor (yaitu kelenjar Parotis, kelenjar Submandibularis dan kelenjar sublingualis) serta kelenjar saliva minor yang jumlahnya sangat banyak yang tersebar di bawah mukosa mulut ( mukosa adalah seluruh lapisan yang menutupi rongga mulut).

Jadi "Salivary Glands" adalah pabrik dari air liur, melalui saluran khusus sampailah air liur tadi ke dalam rongga mulut. Ada yang sampainya ke rongga mulut itu secara otomatis (sifat saliva kental= mucous) dan terus menerus membasahi rongga mulut,  ada pula yang sampainya karena rangsangan/stimulasi (sifat saliva encer=serous).

Salivary Glands (Parotis, Submandibularis, Sublingualis)
Salivary Glands (Parotis, Submandibularis, Sublingualis)
Pada saat kita tidur (lebih kurang 7 jam) maka produksi air liur akan menurun drastis, kira-kira hanya 40ml dan saliva yang sampai ke rongga mulut  yang bersifat kental. Makanya pada saat bangun tidur mulut akan terasa kering. Pada anak muda hal ini tidak terasa, tapi pada orang lanjut usia rasa kering pada saat bangun tidur akan lebih terasa.

Pada saat kita bangun dan beraktifitas maka produksi air liur akan meningkat bisa mencapai 300ml selama 16-17 jam, pada saat kita makan maka akan meningkat lagi lebih banyak (kira-kira 200ml, saliva bersifat encer), pada hal kita makan 2-3kali sehari. Sehingga sekresi kelenjar saliva perhari bisa mencapai 600-700ml, bahkan lebih.

Jadi pengeluaran air liur itu dapat meningkat karena beberapa hal:

  • Posisi berdiri
  • Keadaan terang
  • Karena bau makanan yang enak
  • Karena ada makanan/benda dalam rongga mulut

Lalu apa fungsi dari saliva tersebut?

  • Sebagai pelumas rongga mulut.
  • Sebagai pembersih sisa-sisa makanan
  • Membantu memecah karbohidrat menjadi molekul yang lebih kecil
  • Membantu membentuk bulatan pada makanan (bolus) sehingga mudah ditelan
  • Membantu bicara
  • Menjaga rongga mulut tetap dalam kondisi basa
  • Antimikroba
  • Taste

Pada orang lanjut usia, bila makan sebaiknya memakai sayuran yang berkuah, ini akan terasa lebih nyaman. Hal ini karena pada lansia sudah terjadi proses degenerasi/kemunduran pada seluruh organ tubuhnya termasuk kelenjar saliva, sehingga menyebabkan produksi saliva menurun.

Apalagi pada umumnya pada orang tua mengalami berbagai penyakit misalnya DM (penyakit kencing manis), tekanan darah tinggi, kelainan pada ginjal, penyakit jantung koroner, osteo-arthritis dsb. Dalam hal ini, penyakit/obat-obat yang dikonsumsi atau mungkin keduanya dapat menyebabkan produksi saliva menurun sehingga mulut menjadi kering (xerostomia), hal ini menyebabkan rasa tidak nyaman di rongga mulut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x