Mohon tunggu...
Susilo B. Utomo
Susilo B. Utomo Mohon Tunggu... Akuntan - Penulis Lepas

Penulis Lepas

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Berpikir Lebih Kreatif, Cara Jitu Menjadi Pensiunan Produktif dan Berdaya

11 Agustus 2021   16:30 Diperbarui: 11 Agustus 2021   16:45 305 6 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
https://www.instagram.com/p/CRIZmBapKZ9

Apa yang anda lakukan di masa pensiun untuk menjadi seorang pensiunan yang tetap produktif dan berdaya?

Banyak orang, baik yang telah pensiun maupun yang akan memasuki masa pensiun, bingung jika ditanya apa yang akan dikerjakan untuk mengisi masa pensiunnya agar tetap produktif, alih-alih jika dapat menjadi berdaya.

Sesungguhnya sangatlah mudah mengisi masa pensiun, anda hanya perlu berpikir lebih kreatif. Dengan berpikir lebih kreatif, maka kita akan dapat menciptakan hal-hal baru. Dengan berpikir lebih kreatif, kita akan dapat menemukan berbagai aktivitas yang dapat kita kerjakan untuk mengisi hari-hari penisun yang bisa jadi sangat panjang. Bahkan bisa jadi lebih panjang dari masa kerja aktif anda.

Banyak orang menganggap bahwa kreativitas hanyalah dimiliki secara eksklusif oleh para senimana atau pekerja seni. Dengan demikian di luar profesi itu, tidaklah berhak menyandang predikat kreatif. Di kalangan pakar psikologi, kreativitas bahkan seringkali dijabarkan sebagai sejenis bakat. Kalau penyebutan kreatif itu hanya ekslusif untuk para pekerja seni, lalu seorang koki yang berhasil menemukan variasi resep baru apakah tidak berhak dianugerahi sebutan kreatif?

Seorang tukang batu yang berhasil menemukan cara baru untuk memasang bata atau melakukan pekerjaan yang sama namun dengan menggunakan resources yang lebih sedikit apakah juga tidak boleh disebut kreatif? Tak kurang Howard Gardner juga membantah pendapat ini, ia mengatakan bahwa kreativitas itu berkaitan langsung dengan bidang atau keahlian setiap orang. Kreativitas itu milik setiap orang, juga milik Anda para pensiunan maupun calon pensiunan. Meskipun tidak semua orang dapat kreatif dalam semua hal, namun tentu dapat kreatif dalam hal tertentu.

Kreativitas sesungguhnya adalah potensi mencipta (to create) yang setiap orang sesungguhnya telah memilikinya. Salah satu ciri orang dapat disebut kreatif adalah jika ia selalu melakukan sesuatu (to act).

Kreativitas sangat erat kaitannya dengan cara menuangkan kombinasi gagasan baru yang sesungguhnya terdiri atas hal-hal yang telah ada sebelumnya. Kreativitas tidaklah menghasilkan hal-hal baru, tetapi kombinasi-kombinasi baru. Selalu mengupayakan hari ini lebih baik dari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, adalah inti dari kreativitas.

Setelah kita berpikir lebih kreatif, maka kita pasti akan dapat menemukan sesuatu. Bisa jadi  sesuatu itu adalah benar-benar aktivitas yang baru, namun bisa jadi juga adalah aktivitas lama yang sesungguhnya biasa kita kerjakan di masa aktif bekerja dulu, namun dapat kita lakukan lagi menjadi suatu aktivitas baru yang lebih kreatif dan produktif.

Apakah dari berpikir lebih kreatif ini anda sudah menemukan kira-kira apa yang akan anda lakukan untuk menjadi seorang pensiunan yang tetap produktif dan berdaya? Jika belum, ikuti tulisan saya berikutnya, saya akan uraikan berbagai hal menarik dan kreatif yang dapat anda lakukan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Life Hack Selengkapnya
Lihat Life Hack Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan