Mohon tunggu...
Jamilatus Siroh
Jamilatus Siroh Mohon Tunggu... Mahasiswa - Universitas Diponegoro

KKN Tematik Undip

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Tematik Undip Ajarkan 3M di SDN Gemblengmulyo Guna Pencegahan Penularan Covid-19 di Sekolah

1 Desember 2021   05:26 Diperbarui: 1 Desember 2021   05:29 48 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Adanya Pandemi Covid-19 di Indonesia berdampak pada berbagai bidang kehidupan, salah satunya yaitu pada bidang pendidikan. Pembelajaran tatap muka ditiadakan, diganti dengan pembelajaran secara daring. Hal ini dilakukan karena untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 di lingkungan sekolah. Banyak yang beranggapan bahwa pembelajaran secara daring kurang efektif, namun seiring rendahnya kasus Covid-19 membuat pembelajaran perlahan dilakukan secara tatap muka dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Melalui program KKN Tematik UNDIP yang bekerja sama dengan UNICEF, mahasiswa KKN ikut berperan dalam pemantauan penerapan protokol kesehatan di sekolah. Oleh karena itu, mahasiwa melakukan kegiatan sosialisasi pentingnya penerapan 3M pada siswa SDN Gemblengmulyo, Kecamatan Pancur, Kabupaten Rembang.

Pelaksanaan program pada senin  (22/11/2021) yang diikuti oleh siswa kelas 1 hingga kelas 6 SDN Gemblengmulyo. Sosisalisasi dilakukan secara langsung ke tiap-tiap kelas dengan memaparkan materi mengenai Covid-19 dan 3M. Setelah pemaparan materi, siswa diajak untuk mempraktikkan cara mencuci tangan yang benar, penggunaan masker yang benar, dan cara menjaga jarak. 

Siswa sangat antusias dalam mengikuti dan mempraktikannya. Kepala sekolah SDN Gemblengmulyo menyambut baik dengan adanya kegiatan yang dilakukan mahasiswa tersebut. "Kami sangat senang adanya kegiatan tersebut, karena siswa bisa lebih paham cara menerapkan 3M dengan benar," ungkap Bapak Maskuri Kepala SDN Gemblengmulyo.

Dengan adanya kegiatan sosialisasi mengenai 3M di lingkungan sekolah, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa untuk selalu menerapkannya di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.

Penulis : Jamilatus Siroh (S1-Sastra Indonesia/FIB/Undip)

Dosen Pembimbing Lapangan : dr. Sri Winarni., M.Kes dan Amni Zarkasyi Rahman, S.A.P., M.Si.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Teknologi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan