Mohon tunggu...
Jamaludin
Jamaludin Mohon Tunggu... Guru dan Dosen

Seorang guru dan dosen, lahir di Bah Jambi, 11 Januari 1973 memiliki latar belakang keilmuan teknik informatika, alumni Magister Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara. Aktif mengajar di SMK Telkom Medan dan Politeknik Ganesha Medan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Pizza Kordamoz, Menu Buka Puasa Menggugah Selerah

26 April 2021   23:45 Diperbarui: 27 April 2021   00:11 405 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pizza Kordamoz, Menu Buka Puasa Menggugah Selerah
Pizza Kordamoz (Dok Pribadi)

Saat berbuka puasa merupakan waktu yang ditunggu-tunggu orang yang sedang berpuasa. Wajar saja setelah satu harian menahan haus dan lapar, berakhir saat adzan Maghrib berkumandang. Saat itulah rasa kegembiraan terlihat dari wajah orang yang sedang berbuka puasa.

Sebenarnya ada dua kegembiraan yang didapatkan orang yang sedang berpuasa yaitu saat berbuka dan saat bertemu dengan Allah SWT di hari kemudian nanti. Sebagaimana diterangkan dalam sebuah hadist qudsi Allah SWT berfirman :

"Bagi orang yang melaksanakan ibadah puasa ada dua kegembiraan yang didapatkan yaitu  kegembiraan saat berbuka, dan kegembiraan saat bertemu dengan Rabbnya." (muttafaq 'alaihi)

Sebaiknya saat berbuka puasa minum atau makan dengan yang manis, disarankan dengan menggunakan bahan yang manis alami seperti kurma, madu dan buah-buahan. Hal ini akan membuat perut lebih nyaman dan siap menerima makanan selanjutnya. Kemudian bisa makan dengan hidangan lain contohnya pizza Kordamoz.

Apa itu pizza Kordamoz? Kordamoz adalah kependekan dari kata Korma, Daging  dan Mozarella. Makanan ini termasuk unik  karena penggabungan rasa korma yang manis dengan daging yang  gurih serta mozzarella yang sedikit asin.

Awalnya, ide pizza Kordamoz ini merupakan kreasi baru dari teman guru kewirausahaan saya yang diperkenalkan kepada  saya. Rasa penasaran, sampai akhirnya saya memesan untuk buka puasa bersama keluarga.

Bu Rina nama panggilan guru kewirausahaan tersebut mengatakan bahwa pizza Kordamoz merupakan makanan yang bersumber  dari bahan dasar roti tawar yang sudah dicampur  dengan telur dipanaskan diatas  teflon  kemudian  bawang bombay yang sudah ditumis dengan bumbu-bumbu penyedap, saos tiram dan lain-lain,  setelah itu  diletakkan di atasnya korma, daging dan mozarella sebagai topping baru terakhir dihiasi dengan keju mayones.

Ketiga jenis sumber makanan sebagai topping tersebut, memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan.

Korma terbukti secara ilmiah bahwa manfaat korma untuk kesehatan sangat banyak seperti  menjaga pencernaan, mencegah resiko diabetes, meningkatkan kesehatan tulang, mencegah anemia  dan meningkatkan kesehatan jantung.

Daging sapi digunakan disamping guri dan lezat juga mempunyai kandungan gizi yang luar biasa menjadikan manfaat daging sapi baik untuk kesehatan seperti  mengatasi anemia, meningkatkan kekebalan tubuh,  meningkatkan stamina dan kaya mineral.

Mozarella disamping unik juga mempunyai khasiatnya untuk kesehatan. Mozarella mengandung vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D dan E untuk pertumbuhan tulang, penyerapan kalsium dan perlindungan membran sel. Kalsium yang tinggi dalam mozarella juga penting untuk menjaga struktur tulang dan melindungi email gigi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN