Mohon tunggu...
Jamaludin
Jamaludin Mohon Tunggu... Guru dan Dosen

Seorang guru dan dosen, lahir di Bah Jambi, 11 Januari 1973 memiliki latar belakang keilmuan teknik informatika, alumni Magister Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara. Aktif mengajar di SMK Telkom Medan dan Politeknik Ganesha Medan

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Bubur Kanji Rumbi Aceh Sepakat, Menu Khas Buka Puasa yang Menyehatkan

16 April 2021   22:30 Diperbarui: 16 April 2021   22:32 592 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Bubur Kanji Rumbi Aceh Sepakat, Menu Khas Buka Puasa yang Menyehatkan
Memasak Bubur Kanji Rumbi (Dok. Pribadi)

Secara umum, datanganya bulan Ramadhan sangat dirindukan oleh umat Islam. Kehadirannya sangat ditunggu-tunggu, bahkan Rasulullah SAW dan para sahabat dahulu dari mulai bulan Rajab mereka sudah berdoa agar bisa dipertemukan di bulan Ramadhan.

Sebagaimana mereka berdoa : “Ya Allah SWT berikan keberkahan kepada kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan pertemukanlah kami dengan bulan Ramadhan”

Sudah sepantasnya kita harus memanfaatkan bulan yang penuh berkah ini untuk beribadah dan melakukan kegiatan-kegiatan yang positif dengan membuat target amalan selama bulan Ramadhan, sehingga datanganya bulan Ramadhan di tahun ini bisa mendatangkan kebaikan buat diri kita walau masih dalam keterbatasan karena pandemi Covid-19.

***

Peristiwa dan kegiatan di bulan Ramadhan ada yang unik karena tidak dimiliki di bulan-bulan lain. Ada kekhasan yang selalu dirindukan seorang muslim di bulan tersebut, salah satunya adalah kegiatan buka puasa di Masjid Raya Aceh Sepakat Medan.

Sebelum pandemi Covid-19, masjid yang berlokasi di Petisah Tengah, Medan Petisah, Kota Medan  selalu ramai dikunjungi dari mulai awal puasa sampai akhir menjelang hari Raya Idul Fitri. Pengunjungnya pun bermacam-macam mulai dari yang datang bermobil sampai tukang becak, orang tua sampai anak-anak, dari dosen sampai mahasiswa yang umumnya tinggal di kos-kosan. Sungguh pemandangan yang sungguh indah karena semua berkumpul di suatu tempat tanpa membedakan status sosial.

Ramainya pengunjung termotivasi dengan adanya acara buka puasa bersama yang khas membedakan dengan di tempat lain, seperti berbuka dengan bubur kanji  rumbi Aceh yang menyehatkan sampai makan nasi kari lembu yang tersaji selama bulan Ramadhan, ditambah lagi dengan fasilitas tempat  yang cukup luas dan pendingin ruangan cukup banyak membuat    jama’ah tidak segera pulang namun melanjutkan sholat Isya berjamaah dan tarawih.

***

Sebenarnya informasi ramainya jema’ah di Masjid Raya Aceh Sepakat Medan selama bulan Ramadhan sudah lama terdengar, sampai akhirnya alm. Ismail Utsman salah satu petugas pemasak kari lembu sebelum meninggal dunia mengajak untuk buka puasa di masjid tersebut. 

Hal tersebut memotivasi saya untuk  datang ke Masjid Raya Aceh Sepakat Medan dan menyaksikan secara langsung buka puasa bersama.

Biasanya pengunjung sudah mulai berdatangan sekitar pukul 16.30 WIB, ada yang memang sengaja sholat Ashar di masjid tersebut ada juga yang datang dari luar sekitar kota Medan. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x