Mohon tunggu...
JAMALUDDIN
JAMALUDDIN Mohon Tunggu... Dosen - Akademisi-Social-Preneur

Let's do today and our future

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Service Kendaraan, Pilih Bengkel Resmi atau Biasa?

3 September 2022   17:07 Diperbarui: 3 September 2022   17:22 102 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber: Dokpri_Service Acciden 

Kendaraan pribadi dalam  Kondisi baik dan Prima menjadi idaman semua pemiliknya. dengan Kondisi ini kita  akan aman dalam berkendara baik jarak dekat maupun jarak jauh. hilir mudik atau perjalanan dinas semua akan selamat sampai tujuan. hal ini pun didukung dengan Kondisi kendaraan dalam pemeliharaan dan service rutin.

Kendaraan Roda 2 maupun roda 4 yang dirawat dan  diservice rutin sesuai periode berkalanya  tentunya akan terhindar dari kerusakan mesin dan fisik. tidak hanya itu juga selain service berkala, pengendara juga memperhatikan teknis dan cara mengemudi yang baik. karena bagi pemula yang belum terbiasa mengendarai mobil atau motornya akan terkendala teknis dan metode mengemudi yang baik.

Penulis pernah berdiskusi dengan rekan teknisi, Pak Arif "Untuk menjaga Performance kendaraan perlu Check Up Kendaraan dengan melihat Note/list service berkala, karena ini yang menjadi acuan Service kedepannya.' Pungkas Arif.

Lanjutnya, "Pak Jamal, kalau mobil baru dibawah garansi Mesin (5 Tahun), belum terkendala/gangguan yang terpenting tune up, dan oli rutin" imbuhnya.

Penulis, pernah ada Acciden diperjalanan tol  Lintas Sumatera KM 155 mengalami kopling tidak berfungsi, disituasi pagi buta ditengah jalan tol mobil tiba-tiba tidak bisa terpacu berjalan, dicoba terus over gigi masih tidak mau jalan. al hasil keluarga pun panik dan saya coba menepikan mobil dibahu jalan., Sentak turun mencium bau kanvas kopling terbakar. ternyata benar kanvas kopling kali ketiga kebakar.

Penulis review, sebelum terjadi Acciden di Tol lintas Sumatera KM 155 Penulis dan keluarga belum lama kurang lebih 1 Minggu berliburan di Lembang-Bandung Jawa Barat. sebenarnya dibandung sudah terjadi Acciden terbakar kopling saat melintasi lajur  terjal alternative. 2 kali terbakar saat berangkat dan pulang., dari kejadian ini belum sempat dibawa ke dealer resmi karena belum ada waktu terpaut jadwal kerja dan rutinitas lainnya.

alhasil terjadi Acciden diKm 155, mobil belum diservice di bengkel resmi sudah dibawa perjalanan jarak jauh., Penulis sempat bingung coba menelpon petugas derek tol dan terhubung selang 30 menit kemudian petugas tol pun datang dan melakukan penggerekan keluar jalur pintu tol terdekat.

Saat  keluar pintu tol terdekat, penulis mendapat info, "Pak kalau mau service pastinya dealer resmi tutup dan pun jauh dari lokasi Kota. kalau mau ini saya hubungi Teknisi terdekat." imbuh petugas derek. dan pun saya bersedia untuk menggunakan jasa Teknisi tersebut. dengan Kondisi seperti ini dimana hari libur dealer resmi tutup, Dealer pun jauh. sayapun memutuskan pilih bengkel biasa.

Selama proses perbaikan, Teknisi terkendala spare Part, karena Part yang digunakan original jadi perlu mencari jauh kekota dan dengan sabar menunggu spare Part yang dibeli jauh dari lokasi service mobil. waktu semakin berjalan kurang lebih 6 Jam perbaikan dan alhamdulillah mobil bisa berjalan kembali.,

Setelah pulang kembali ke jakarta, sesampai dirumah mobil terasa kurang stabil, berbunyi, bergetar, dan rasa seperti mobil lama yang tidak pernah perawatan atau service rutin. dan penulis mengambil waktu untuk kedealer resmi terdekat melakukan ceck up alhasil spare Part yang digunakan adalah bukan yang original, Artinya spare Part jenis mobil lain yang dipadukan dengan spare mobil bawaan atau kita kenal canibal yang penting bisa jalan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan