Mohon tunggu...
Abdul Jalil
Abdul Jalil Mohon Tunggu... Jurnalis - suka tantangan dan hiburan

hidup itu saling melengkapi,,,semuanya,tanpa terkecuali.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Aku Terpikat J&T Express karena Keramahan Kurirnya

16 Desember 2019   01:51 Diperbarui: 16 Desember 2019   01:47 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Kurir J&T Express. (www.jet.co.id)

Suara hujan rintik-rintik terdengar dari dalam rumahku di Desa Krakal, Kecamatan Alian, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Sabtu (14/12/2019) petang. Akhir-akhir ini cuaca memang tidak menentu, maklum lagi peralihan musim. Saat siang matahari sangat terik, tiba-tiba pada sore hari hujan langsung bress.

Sabtu malam itu, saat udara di luar cukup dingin. Tiba-tiba terdengar suara ketukan lirih di pintu rumah. Ketukan itu beriring suara salam dari seseorang. Setelah pintu dibuka, ternyata yang ada di depan rumah adalah seorang pria yang belum ku kenal.

Dengan ramah, pria itu memperkenalkan bahwa dirinya merupakan kurir J&T Expres. Masih dengan keramahannya, ia kemudian memastikan barang yang dibawa tersebut sesuai dengan alamat dan nama pembeli yang tercantum dalam resi.

Setelah proses verifikasi dan dinyatakan alamat penerima sesuai dengan resi. Pria bernama Saiful itu menyerahkan paketan tersebut kepada saya. Dia kemudian memotret paketan tersebut. Katanya sebagai bukti bahwa barang telah sampai ke tangan pemiliknya.

Sebelumnya, ia juga sempat memohon maaf karena mengirim paketan tersebut larut malam. Padahal saat itu jam baru menunjukkan angka 18.30 WIB. Artinya belum terlalu larut. Atas keramahan itu, saya juga membalasnya dengan sikam yang ramah. Saya juga mengucapkan terima kasih karena kurir J&T Express telah bersusah payah mencari dan mengirimkan paket dengan selamat dan yang terpenting tepat waktu. Padahal rumahku jaraknya sekitar 11 kilometer dari kantor cabang J&T Express Kebumen. Selain itu medan jalannya juga naik turun.

Paketan dari kurir J&T itu kemudian saya buka. Barang yang dikirim pun bagus dan tidak ada kerusakan apapun. Barang tersebut saya beli dari salah satu e-commerce yang menyelenggarakan program diskon besar-besaran 12.12.

Tidak hanya kali itu saya mendapatkan perlakuan yang sangat ramah dan memuaskan dari kurir J&T Express. Sebelum-sebelumnya kurir yang mengantar paketan saya juga memberikan kesan yang sama. Memuaskan. Padahal, kalau menilik barang yang dikirim bernilai kecil. Seperti hanya dompet atau kosmetik. Tetapi, para kurir perusahaan yang memiliki slogan #ExpresYourOnlineBusiness itu seakan tidak membedakannya. Tetap saja, kepuasan pelanggan menjadi yang utama.

Fitur Tracking

Saat ini, aplikasi mobile J&T Express sudah dilengkapi dengan fitur tracking atau pelacakan. Fitur ini berfungsi untuk mengecek posisi paketan yang kita pesan. Ini merupakan salah satu inovasi perusahaan #LogistikdiEraIndustri4.0 tersebut yang sangat memudahkan konsumen. Sehingga konsumen tidak perlu khawatir paketan yang dikirim tidak sampai ke tangan. Karena melalui fitur itu, konsumen bisa mengecek posisi paket saat itu juga.

Saya jadi teringat, peristiwa yang pernah membuat kapok berbelanja secara online. Kejadian itu terjadi pada 2014. Kala itu memang e-commererce dan jasa pengiriman logistik belum seramai dan secanggih saat ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun