Mohon tunggu...
Epetebang
Epetebang Mohon Tunggu... menjadi bernilai untuk berharga

menjadi bernilai untuk berharga

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

RAT Virtual Pertama di Indonesia

12 Juni 2020   11:49 Diperbarui: 12 Juni 2020   11:45 18 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
RAT Virtual Pertama di Indonesia
RAT virtual CU SKS (foto:edi petebang)

Selalu ada hal baik di balik bencana

Adagium tersebut benar adanya dalam banyak hal. Di masa pandemi virus corona covid19 ini, banyak orang melihat ini sebagai bencana, akhir segalanya. Namun banyak orang juga melihat ada hal-hal baik, ada  terobosan baru, ada budaya bahkan cikal bakal peradaban baru yang akan lahir. 

Dalam gerakan credit union, pandemi virus corona ini "memaksa"credit union yang beluam melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT) secara tatap muka, melaksanakan (RAT) secara online atau virtual. Dalam gerakan credit union di Indonesia, khususnya dalam jaringan Pusat Koperasi Kredit (Puskopdit) BKCU Kalimantan, credit union pertama yang mengadakan RAT secara virtual adalah CU Sumber Kasih Sejahtera (CU SKS) di Balikpapan, Kalimantan TImur. inilah sejarah pertama kalinya credit union melaksanakan RAT secara virtual. Puskopdit BKCU Kalimantan adalah Puskopdit terbesar di Indonesia dengan 44 anggota CU primer yang tersebar di 25 provinsi di Indonesia.

Sebenarnya RAT virtual CU SKS ini gabungan dengan offline juga. Dua minggu sebelum RAT, pengurus sudah mengimkan laporan pertanggung jawaban (Lpj) pengurus, laporan hasil pemeriksaan pengawas (LHP) dan program kerja (Proker) kepada perwakilan anggota yang dipilih secara proporsional. Dalam dokumen ini disertakan kertas catan untuk menerima atau menolak LPj. LHP dan Proker. Bisa juga menerima dengan catatan perbaikan.

RAT virtual CU SKS memakai platform facebook live streaming. RAT dimulai pukul 15.00 WIT sampai pukul 19.00 WIT. Dari awal streamingnya lancar, setelah berjalan sekitar dua jam, terjadi gangguan, suaranya tidak terdengar. Setelah diperbaiki, re-connect, akhirnya bisa normal kembali.    

Pelaksanaan RAT virtual seperti RAT offline. Ada acara pembukaan,pembacaan risalah RAT TB 2018, penyampaian kuorum berdasarkan peserta yang mengembalikan lembar menolak/menerima LPJ, LHP, Proker. RAT dipandu seorang pimpinan dan sekreataris rapat. Pengurus dan pengawas tidak menyampaikan laporan, tapi langsung menjawab pertanyaan yang sudah disampaikan anggota secara tertulis. Setelah itu, pimpinan rapat membacakan berita acara RAT. Ada tiga berita acara, yakni tenggang LPJ pengurus, LHP Pengawas dan Program kerja Pengurus. RAT ditutup oleh Ketua Pengurus, dilanjutkan dengan doa penutup. 

Di sela-sela RAT, diselipkan pengundian untuk doorprize. Doorprize hanya diberikan kepada anggota yang mengikuti RAT secara live dengan mengundi nama dan nomor anggota yang mengirimnya di chat. 

Pembaca akan mendapat gambaran lebih jelas dengan menonton video pendeknya di channel youtube saya ini:
https://www.youtube.com/watch?v=LemSlnO3W3A&t=402s

Selamat dan sukses untuk CU SKS dan gerakan CU Pusko

VIDEO PILIHAN