Mohon tunggu...
Epetebang
Epetebang Mohon Tunggu... Wiraswasta - untaian literasi perjalanan indah & bahagiaku

credit union, musik, traveling & writing

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Misa Streaming, Gini Rasanya...

22 Maret 2020   15:57 Diperbarui: 22 Maret 2020   16:00 87
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hari ini untuk pertama kalinya dalam hidup saya mengikuti misa secara streaming. Ada beberapa link di youtube yang menayangkan siaran misa kudus secara streaming, baik yang langsung maupun yang rekaman. Saya memilih yang live dari gereja katedral Jakarta pukul 09.00 wib via link ini

Sebenarnya saya tidak mengikuti misa selayaknya misa, karena pas makan pagi, teringat ada link misa, maka sambil makan saya menyimak jalannya misa tersebut. "Rasanya janggal, pertama kalinya saya misa sendiri di gereja katedral sebesar ini hanya berhadapan dengan bangku-bangku kosong serta kamera,"pastor yang memimpin misa di gereja katedral membuka pengantar misanya.  

Saya mengikuti misa streaming yang berlangsung sekitar satu jam tersebut. Memang lain rasanya dengan mengikuti misa yang langsung di gereja. Nuansa hati, suasananya jelas berbeda. 

Puji Tuhan..antusias umat di Indonesia cukup tinggi untuk mengikuti misa streaming tersebut. Di puncak ritaul misa, pas konsekrasi, saya cek ada 28.500 viewer streaming yang dikelola Komsos KA Jakarta tersebut.

Sebenanya kemarin sore dan hari ini di paroki kami, paroki Stella Maris, Siantan, Pontianak  ada misa. Dari foto2 di WAG paroki saya lihat ada dua puluhan umat yang hadir misa. Memasuki gereja, di depan gereja umat mesti cuci tangan dan memakai desinfektan yang disediakan paroki. 

Foto: Agus, DPP Stella Maris
Foto: Agus, DPP Stella Maris
Foto: Agus, DPP Stella Maris
Foto: Agus, DPP Stella Maris
Foto: Agus, DPP Stella Maris
Foto: Agus, DPP Stella Maris
Dengan berat hati, saya bersama isteri dan anak-anak memilih untuk tidak datang ke gereja hari minggu ini. Sebab utamanya karena penyebaran virus covid-19 yang makin meraja lela. Di kota Pontianak sampai hari ini (22/3) sudah satu orang yang positif dan sudah ratusan yang dalam pengamatan. Sekolah dan instansi pemerintah dan swasta sejak seminggu sudah kerja dari rumah. Dan masih akan berlanjjut minggu depan.***

5th Work from home 22/3

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun