Mohon tunggu...
Izadatul Maulidiyah
Izadatul Maulidiyah Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Usaha tidak akan mengkhianati hasil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Otak dan Intelegensinya

25 April 2021   19:50 Diperbarui: 25 April 2021   20:04 50 5 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Otak dan Intelegensinya
https://hai.grid.id/amp/07351938/5-hal-yang-dapat-membuat-kecerdasan-otak-kita-menurun

"Intelegensi dan sebuah keberhasilan di dalam pendidikan merupakan dua hal yang saling berkaitan satu sama lain"

Pada umumnya masing-masing individu yang biasanya mempunyai intelegensi yang cukup tinggi, ia akan mempunyai sebuah prestasi yang membanggakan ketika di kelas. Dengan prestasi tersebut ia akan lebih mudah untuk mencapai keberhasilan. Dahulu telah dilakukan penelitian saraf dan hasil penelitian tersebut yaitu untuk mengetahui pemetaan struktur otak manusia yang dapat mempengaruhi intelegensi seseorang secara umum.

Arti dari intelegensi ini telah diartikan oleh banyak peneliti dan juga para ahli di dunia. Ada yang menyebut jika intelegensi ini disebut sebagai sebuah kemampuan guna menerapkan suatu pengetahuan yang telah tiada untuk bisa menyelesaikan berbagai permasalahan. Nah, tingkat intelegensi seseorang dapat diukur dengan melihat kecepatan seseorang ketika memecahkan atau menyelesaikan permasalahan tersebut.

Secara umum intelegensi ini bisa juga diartikan dengan tingkat kemampuan atau keterampilan seseorang serta kecepatan otaknya dalam mengolah suatu informasi yang ia terima dengan keterampilan tertentu yang ia miliki. Efektifitas kerja otak merupakan sebutan dari kemampuan serta kecepatan otak seseorang tersebut. Potensi dari intelegensi atau kecerdasan otak ini memiliki beberapa macam kelompok yang telah teridentifikasi antara lain :

  • Intelegensi Verbal Linguistik

Intelegensi verbal linguistik diartikan sebagai suatu kecerdasan yang memiliki keterkaitannya dnegan bahasa serta hal-hal yang berhubungan dengan membaca dan menulis. Pada intelegensi ini, seseorang dapat memiliki kecerdasan yang hebat pada bahasanya, selain itu kemampuan membaca dan menulis ia memiliki kemampuan yang lebih dibandingan dengan orang lain.

  • Intelegensi Logical Matematik

Intelegensi logical matematik adalah sebuah kecerdasan seseorang dalam berpikir ilmiah, logis dan sesuai fakta yang ada. Kecerdasan tersebut berhubungan dengan angka-angka serta simbol yang rumit. Seseorang yang tergolong memiliki kecerdasan ini dapat menggabungkan berbagai informasi yang sudah terpisah menjadi satu.

  • Intelegensi Visual Spasial

Intelegensi visual spasial adalah suatu kecerdasan yang berkaitan dengan karya seni visual, contohnya melukis, memahat dan menggambar. Tidak hanya itu kemampuan lain seperti pembuatan peta, navigasi, lalu kemampuan seseorang dalam membayangkan objek-objek tak terduga juga termasuk dalam intelegensi visual spasial.

  • Intelegensi Kinestetik Tubuh

Intelegensi kinestetik tubuh adalah intelegensi atau kecerdasan yang berkaitan dengan kemmapuan manusia ketika menggunakan alat tubuhnya dan mengkoordinasikan tubuhnya serta cara ia mengekspresikan dan mengungkapkan perasaannya. Kegiatan ini biasanya disebut dengan body language (bahasa tubuh). Intelegensi ini berkaitan dengan bermacam-macam keterampilan yang dimiliki manusia, biasanya menari, berolah raga dan juga mahir berkendara.

  • Intelegensi Intra Personal

Intelegensi intra personal merupakan suatu kecerdasan yang hanya berpusat pada pengetahuan dalam diri, berkaitan dengan cara manusia mengontrol emosi mereka, gerakan refleksi, kesadaran rohani dan keseimbangan. Seseorang yang memiliki kecerdasan intra personal ini biasanya tergolong orang yang pemikir pada suatu hal, seorang ahli agama, psikiater dan lain-lain.

  • Intelegensi Ritme Musikal

Intelegensi ritme musikal adalah suatu kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam mengenali bagaimana bentuk pola-pola lagu, ritme lagu, nada lagu serta bunyi-bunyi lainnya.

  • Intelegensi Interpersonal

Intelegensi interpersonal berbeda dengan intelegensi intrapersonal, intelegensi ini adalah kecerdasan yang berkaitan dengan kemampuan seseorang dalam bekerja sama dengan orang lain, berkomunikasi, bersosialisasi dengan orang lain baik itu secara verbal ataupun tidak. Orang yang memiliki kecerdasan intrapersonal tinggi, ia biasanya memiliki kemampuan dalam memberikan motivasi, membaca isi hati seseorang, serta mampu membaca tujuan seseorang. Nah, orang yang memiliki kecerdasan ini biasanya merupakan orang yang memiliki rasa peduli yang sangat tinggi.

  • Intelegensi Emosional

Intelegensi emosional ini merupakan kecerdasan yang melibatkan emosional seseorang serta bagaimana kecakapan ia dalam bersosialisasi. Intelegensi ini termasuk intelegensi yang dimana didalamnya meliputi kemampuan mental yang dapat membantu seseorang untuk bisa mengerti dan memahami perasaan orang lain di sekitar mereka.

Dari berbagai macam intelegensi diatas, manusia dapat meningkatkan intelegensinya dengan cara melatih otak dengan benar dan tepat. Para ahli berpendapat bagaimana cara meningkatkan intelegensi yang benar yaitu dengan memberikan stimulus pada otak agar terus berkembang dengan baik, selain itu kecerdasan seseorang dapat ditingkatkan pada usia berapapun tidak ada batasannya. Meskipun demikian, faktor genetik manusia juga memiliki pengaruh dalam peningkatan intelegensi seseorang.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x