Mohon tunggu...
Nur AzizatulMarifah
Nur AzizatulMarifah Mohon Tunggu... Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir

Mahasiswi IAIN Jember

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kehidupan Beragama di Lingkungan Masyarakat Jember

18 April 2021   14:00 Diperbarui: 18 April 2021   14:11 43 3 0 Mohon Tunggu...

Indonesia negeri yang kaya raya akan suku budaya, agama, bahasa, tradisi, ras, bahkan ekonomi. Serta kaya akan sumber daya alam dan sumber daya laut yang melimpah. Oleh karena itu kita harus bangga menjadi bangsa Indonesia dan tetap harus menjaga keharmonisan, kelestarian bangsa ini.

Dalam kehidupan ini agama selalu dikaitkan dengan kepercayaan dan pedoman manusia dalam kehidupan sehari hari. Agama sangat penting bagi manusia karena dengannya lah kita bisa menjalani kehidupan dengan baik dan benar, kita memiliki aturan dalam bertindak baik untuk diri sendiri terutama dalam kehidupan sosial, untuk berinteraksi dan mencapai tujuan hidup.

Agama muncul karena adanya kepercayaan kuat yang muncul dari diri manusia entah itu karena ajaran atau leluhur. Sehingga muncullah perbedaan Agama di setiap daerah atau kota. Di Indonesia sendiri saja ada 6 Agama yang di akui oleh masyarakat. Dan Indonesia merupakan salah satu negara yang mayoritas masyarakatnya beragama islam.

Karakteristik agama di setiap wilayah tentunya berbeda beda khusus nya di derah desa. Karakteristik masyarakat di desa saya lebih kepada kekeluargaan dan solidaritas yang tinggi terhadap sesama. Nilai nilai agama menjadi faktor utama dalam menopang segala interaksi dan aktivitas masyarakat desa. Umumnya, di daerah saya banyak terdapat pesantren pesantren  yang tentunya setiap interaksi tidak luput dari bimbingan kyai dan asatidz asatidz. Sehingga tidak heran jika masyarakat di desa pengetahuan agamanya lebih tinggi dibanding masyarakat di perkotaan yang bersifat individualisme.

Lingkungan desa saya lebih sering di sibukkan dengan aktivitas aktivitas keagamaan seperti : Pengajian, khataman dan lain sebagainya. Setiap hari libur diisi dengan khataman, kalau di desa saya lebih viral disebut Mantaban di mushalla. Setiap hampir Magrib mushalla mushalla sudah di penuhi mulai dari anak anak, remaja maupun orang dewasa. Sehingga bukan hal yang luar biasa lagi jika mendengar suara anak anak kecil yang masih berumur 5 tahun tapi sudah mampu membaca al qur'an dengan baik dan benar.

Adapun program acara serentak yakni sholawatan yang diadakan oleh perangkat desa pada malam sabtu dan juga mengundang para muballigh atau penceramah untuk memeriahkan acara ini. Alhamdulillah rutinitas ini selalu berjalan sukses dan lancar, acara tersebut dilakukan secara bergiliran antar rumah warga seperti halnya acara pengajian biasa. Biasanya sebelum terlaksananya acara, pemuda pemudi warga desa melakukan gotong royong guna untuk kelancaran acara tersebut.

Hal inilah yang menjadi bukti bahwa agama menjadi hal yang paling penting  dalam kehidupan manusia. Agama mampu mengantar setiap orang kepada jalan dan cara yang seharusnya mereka tempuh sehingga timbullah yang namaya tercapainya suatau tujuan hidup dalam bermasyarakat yaitu untuk meningkatkan kesejahteraan dalam kehidupan masing masing, dan juga  terciptanya kenyamanan, keharmonisan dan juga keamanan.

Semoga bermanfaat :D

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x