Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru - Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Mengenal "Correlative Conjunctions" dalam Bahasa Inggris

15 September 2021   17:40 Diperbarui: 15 September 2021   17:41 98 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Dalam menggunakan bahasa apapun yang efektif, kita tidak hanya menggunakannya untuk berbicara ala kadarnya atau menggunakannya untuk hal-hal yang sifatnya berkelakar, kadang lewat bahasa sebagai alat komunikasi antara manusia, pemilihan kosa kata dan ekspresi dapat menentukan apa yang disebut dengan penekanan (emphasis) dari pesan yang dikirimkan oleh seseorang atau kelompok kepada penerima pesan tanpa harus dikirimkan atau dijelaskan berulang-kali ke penerima pesan biar paham.

Kata both-and , not only-but (also) , either-or dan neither-nor termasuk dalam jenis kata sambung(conjunction) yang masuk kategori "correlative conjuction" di dalam Bahasa Inggris.  

Tujuan penggunaan kata sambung jenis ini adalah untuk menekankan koordinasi. Coba kita lihat contoh masing-masing dari keempat correlative conjunctions ini :

1.Both Bertha and Romeo will leave for Seoul tomorrow. (Bertha dan Romeo keduanya akan pergi ke Seoul besok).

2.Not only the women but (also) the men admired a modest teacher character in the hit tv series. (Tidak hanya para wanita namun juga para pria  menyukai karakter seorang guru sederhana di sebuah serial televisi yang terkenal)

3.Either James or Robby can bring you home. (Baik James atau Robby dapat mengantarmu pulang)

4.Neither big salary nor luxurious apartment has made him snob. (Bukan gaji besar atau apartemen mewah membuatnya sombong).

Dilihat dari pemilihan ekspresi dari kata sambung ini terlihat bahwa kata both-and menekankan koordinasi antara elemen yang terlibat. Dari contoh pertama, yang ditekankan Bertha dan Bob yang akan ke Seoul berdua. Bisa jadi mungkin Bertha dan Bob adalah pasangan. Bila kalimat ini diganti dengan eskpresi lain seperti Either Bertha or Bob will leave for Seoul tomorrow, orang akan berpikir baik Bertha dan Bob akan pergi ke Seoul besok, namun bukan sebagai pasangan yang erat. Contoh lainnya :

5.Madame Ratna is both famous and rich. (Ibu Ratna terkenal dan kaya).

Kata both famous and rich menyiratkan kombinasinya "betapa" hebatnya Madame Ratna ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bahasa Selengkapnya
Lihat Bahasa Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan