Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Bahasa Pilihan

Beda "Sometimes, Some Time, dan Sometime"

16 Mei 2021   12:35 Diperbarui: 17 Mei 2021   17:37 191 4 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beda "Sometimes, Some Time, dan Sometime"
dokumentasi pribadi

Setiap bahasa punya keunikan sendiri baik struktur kata, bunyi dan penggunaannya. Di dalam Bahasa Inggris, kata Sometimes, Some time dan Sometime kadang-kadang membuat kita bingung saat menggunakannya baik saat percakapan dan menuliskannya.

A.Sometimes

Yang jamak kita pahami sejak sekolah dulu kata Sometimes yang artinya kadang-kadang, karena guru selalu memberitahukan ini masuk kata keterangan frekuensi (adverb of frequency).  Seperti dalam contoh : (1)Meidy sometimes visits her parents in Bandung. (Meidy kadang-kadang mengunjungi orang tuanya di Bandung).

Kata sometimes disini satu tingkatan dengan adverb of frequency lain seperti always (selalu), often (sering), frequently (kerap/sering), seldom (jarang), rarely (hampir tidak pernah) dan never (tidak pernah).

Umumnya penempatan kata sometimes diletakkan setelah subjek seperti contoh diatas dan ini : (2) They sometimes watch television (mereka kadang-kadang menonton televisi).  Atau juga sebelum subjek seperti (3) Sometimes I take a nap (Kadang-kadang saya tidur siang). Karena masuk ke kategori kata keterangan frekuensi artinya mereka dianggap melakukan hal yang rutin sehingga tenses yang tepat digunakan untuk kata-kata ini adalah simple present tense. 

Sedangkan untuk penggunaan dalam bentuk past tense (lampau) bisa dilakukan untuk menggambarkan kegiatan masa lalu dan sekarang tidak lagi, contohnya : (4) Mr.Joey and Ms.Nani sometimes studied together in the college last year (Pak Joey dan Bu Nani kadang-kadang belajar bersama saat di perguruan tinggi tahun lalu). Contoh lain: (5) Sometimes It is best not to talk a lot (Kadang-kadang baik untuk tidak banyak bicara).

B.Sometime  

Perbedaan kata ini dengan yang pertama adalah tanpa akhiran “s”. Yang berarti , lain waktu, atau kapan tahu, suatu saat nanti.  Artinya kata keterangan waktu (adverb of time) yang menunjukkan ketidak pastian di masa depan. Lebih sifatnya “basa-basi”.

Contoh : (6) I call you sometime and we will discuss itu (Saya akan hubungi lain kali dan kita akan mendiskusikannya). Atau (7) The topic is interesting and I will contact you sometime in the afternoon to talk about it (Topik ini menarik dan saya akan hubungi anda sore ini untuk mendiskusikannya).  

C.Some time

Beda dengan masing-masing kedua kata diatas, kata ini dipisahkan antara “some” dan “time” dan tanpa tambahan akhiran “s”.  Pengertian dari kata ini adalah jangka waktu  tidak tertentu di masa depan karena kita tidak bisa diprediksi  atau perhitungan yang dilakukan saat ini belum bisa memberikan gambaran eksak kapan kegiatan atau pengerjaannya bisa selesai atau tuntas.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x