Mohon tunggu...
Iwan Permadi
Iwan Permadi Mohon Tunggu... Guru Bahasa Inggris dan Pekerja Kreatif Televiisi

Lahir di Malang - Hobi Membaca dan menulis

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama Pilihan

Penggunaan Kata "Put" dalam Bahasa Inggris

23 April 2021   23:10 Diperbarui: 24 April 2021   00:02 321 3 0 Mohon Tunggu...

Umumnya kata “put” yang kita pelajari di sekolah hanya diartikan sebagai kata kerja tunggal yang berarti “meletakkan”, padahal kata put banyak variasinya bila dibentuk dalam beberapa kata depan (prepositionseperti on, off , down dan lainnya yang kita sebut dengan phrasal verbs” yang juga mempunyai arti yang lain.

Namun uniknya tidak semua bentukan kata kerja dengan tambahan kata depan (preposition) seperti sit down (duduk) , stand up (berdiri) atau get in/get on (masuk.naik) mempunyai pengertian yang lain.  Mereka berarti sesungguhnya dan umumnya ditulis tanpa dipisah, contohnya : He sits down on the the bench (Dia duduk di bangku) atau She gets on the regular bus going to the office (Dia naik bus pergi ke kantor).

Sedangkan kata put dalam bentuk phrasal verbs mempunyai arti yang berbeda seperti to put off yang berarti menunda atau put through yang artinya menyambungkan. Bedanya penggunaan phrasal verbs umumnya harus dipisahkan dengan objeknya. Ini yang disebut bentuk idiom yaitu arti dari katanya tidaklah sama dengan yang ditulis. Contohnya :

1.The committee decided to put the English speech contest off until next week. (Panitia memutuskan untuk menunda kejuaraan pidato dalam Bahasa Inggris hingga minggu depan).

2.The telephone operator was busy to put all calls through to the customer service division. (Operator telpon sibuk menghubungkan seluruh panggilan telpon ke bagian pelayanan konsumen). 

Penggunaan phrasal verbs di kalangan pengguna Bahasa Inggris sdh jamak dilakukan dan menjadi keseharian yang malah lebih banyak dipraktekkan ketimbang kata kerja dengan arti sesungguhnya.

Khusus kata put off ternyata mempunyai dua pengertian kalau kita gunakan dengan objek yang berbeda yaitu menunda untuk objek bukan manusia seperti contoh nomor satu dan yang  berarti mengganggu (distract) untuk objeknya berupa manusia, contohnya:

3.Tomorrow I have a test, please don’t put me off, I am focusing on learning now. (Besok saya ada ujian, tolong jangan ganggu saya, saya sedang fokus belajar sekarang).

Begitu juga kata put down yang berarti sama dengan kata to insult (menghina) juga banyak digunakan ketimbang kata kerja “asli” itu sendiri. Contoh :

4.Before the game, the captain of the opponent team frequently had put our soccer team down, but after we won the game, he never appeared anymore. (Sebelum game dimulai, kapten dari tim lawan sering menghina kemampuan tim sepak bola kami, namun setelah kita memenangkan pertandingan itu, dia tidak pernah muncul lagi).

Beberapa penggunaan kata put dan bentuk phrasal verbs lainnya adalah kata put on dan put away yang sering kita pelajari sekolah berarti mengenakan dan merapikan. Contoh :

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN