Mohon tunggu...
Iwan Chen
Iwan Chen Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Keluhan Produk Bolt

1 Juni 2015   09:19 Diperbarui: 17 Juni 2015   06:25 314
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Kepada yth.

Boltcare Centre

di Jakarta

Perihal: Produk Bolt  yang "kadaluarsa" bikin orang "Sakit Hati"

Dengan ini saya,

Nama          : Tan Nyuk Wan

Alamat        : Gang Kramat RT 011/07, Jagakarsa, Jakarta Selatan 12620

Pekerjaan   : Desainer grafis freelance

ingin menyampaikan keluhan mengenai produk Bolt sbb.:

Tertarik dengan gembar-gembor Bolt di media dan website, pada tgl.13 Mei 2015, sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan, saya membeli 1 buah paket Bolt USB dongle berikut SIM car di salah toko di Ambasador Mall, dengan identitas Bolt yang tertera pada kemasan:

No. Bolt    : 9991374552

No. PUK  : 44787497

No. Imei   : 862926020127231

Sebelumnya mencari Bolt tipe ini di beberapa Bolt Store dan Bolt Zone tapi tidak tersedia, katanya tipe ini sudah tidak diproduksi lagi, tapi masih banyak beredar  di pasaran.

Kemudian saya aktivasi, muncul aplikasi Bolt di komputer saya, kuota yang tertera hanya 1 GB,  tidak sesuai dengan yang dijanjikan seperti terpampang di website-nya yakni 8 GB. Tgl. 28 Mei. Kemudian saya lapor ke Bolt zone di lantai 2 DETOS, Depok, salah satu petugas meminta saya mengirim SMS no. IMEI yang tercantum di kotak USB, yang kebetulan saya tidak membawanya. Setiba di rumah saya kirim SMS no.IMEI-nya, dan memohon konfirmasi jika klaim ini sudah diproses, tapi hingga keesokan harinya belum ada jawaban. Kemudian saya datangi lagi Bolt Zone tsb. dengan membawa serta kotak USB dongle-nya, salah satu petugas pria yang menangani kemudian melapor ke Bolt care pusat secara online, dengan mencantumkan no.IMEI yg ada pada kemasan, janjinya maksimum dalam 4 jam kekurangan kuota  7 GB akan ditransfer ke kuota saya.

Keesokan harinya, kuota tambahan 7 GB tak kunjung tiba. Tgl. 29 Mei, saya kontak langsung Bolt care pusat, jawabannya adalah no. IMEI pertama yang saya sampaikan per SMS berbeda dengan no. IMEI yang dilaporkan secara online oleh petugas Bolt zone, jadi tidak bisa diproses oleh Bolt care. Ironis sekali, seharusnya Bolt care berpedoman pada laporan terakhir yang disampaikan langsung oleh petugas secara online. Kecewa dan sakit hati rasanya, hak saya sebagai konsumen atas kuota yang dijanjikan, dan dibuat repot menghabis waktu serta biaya transport dan kontak telpon menghubungi Bolt. Perlu diketahui, bahwa  klaim saya sampai saat ini belum bisa dipenuhi oleh pihak Bolt.

Kesimpulan saya, bahwa Bolt telah menjual dan mempromosikan barang yang tidak diproduksi lagi (kemungkinan termasuk Produk Gagal), tidak lagi dijual di Bolt store maupun Bolt zone sendiri, tapi masih banyak beredar di pasaran. SIM card-nya sudah kadaluwarsa, tapi diberi kuota ekstra 1 GB, supaya bisa berjalan. Bagi orang awam mungkin tidak mempermasalahkannya. tapi konsumen yang sadar bahwa ini tidak sesuai dengan apa yang dijanjikan, akan mengajukan klaimnya tapi harus melalui suatu proses lagi, hal ini tentunya agak merepotkan konsumen.

Suatu saran untuk pihak Bolt, apa tidak sebaiknya item sta. dihapus dari website Bolt dan media lainnya. Bisa juga tetap dipertahankan, asalkan kuotanya dicantumkan 1 GB saja, atau dengan mengganti semua SIM card pada paket Bolt sta. yang masih beredar di pasaran dengan yang baru (masa aktif yang wajar), sehingga memberi kenyaman bagi konsumen dan tidak merasa tertipu.

Demikian keluhan kami mengenai proses panjang membeli suatu produk, agar mendapat tanggapan dari pihak Bolt.

Hormat saya,

Tan Nyuk Wan

Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun