Mohon tunggu...
Muhammad Riswan Hulalata
Muhammad Riswan Hulalata Mohon Tunggu...

"Sejak lahir hingga dewasa hidup di lingkungan dan tempat yang berbeda, terlanjur mencintai dunia fotografi dan saat ini sedang menekuni dunia jurnalistik"

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

[Euro 2016] Kejayaan Portugal, Pembuktian Ronaldo cs

10 Juli 2016   22:10 Diperbarui: 11 Juli 2016   06:43 306 1 0 Mohon Tunggu...

Gelaran turnamen sepak bola eropa selangkah lagi akan usai. Tim yang akan bertanding dalam final nanti adalah dua tim sepakbola eropa terbaik yakni negara tuan rumah Prancis berhadapan dengan tim tamu Portugal.

Sebenarnya gelaran eropa tahun ini kurang spesial, karena tim favorit saya Spanyol sudah terlebih dahulu angkat koper dari ajang empat tahunan ini. Namun meski Ramos Cs terlebih dahulu meninggalkan prancis, saya sedikit terobati dengan lolosnya Portugal menuju fase puncak juara eropa 2016 jika nanti mengalahkan tuan rumah.

Mengapa saya lebih memilih portugal? Ketimbang tuan rumah Prancis, yang barusan mengalahkan tim sekuat jerman di semi final dengan skor cukup baik yaitu 2-0. Marilah kita ulas dengan seksama dan dengan tempo yang sesingkat-singkatnya.

Pertama, ternyata usut punya usut, saya sempat baca dibeberapa artikel tentang sejarah Portugal pada abad ke 15, negara ini pernah bergabung bersama spanyol disebabkan saat itu Portugal sedang krisis suksesi, disatukan dengan Spanyol dalam panggilan Uni Iberia yang berlangsung hingga ke abad 16. Setidaknya mereka pernah bersama dalam satu kepemimpinan.

Apa kaitannya? Kalau dilihat dari segi olahraga sepak bola antara kedua negara sebenarnya tidak ada kaitannya, cuma karena mungkin saya lagi-lagi sedang menghibur diri pasca tidak ada lagi tim selain spanyol yang saya favoritkan kecuali portugal. Karena saya meyakini Ronaldo bakal mengukir sejarah baru buat Portugal, setelah sebelumnya dia sempat gagal membawa Portugal menjuarai piala Eropa 2004 di partai final setelah di tundukkan yunani.

Entah mengapa saya 2x begitu percaya diri lebih memilih Portugal yang akan menjuarai Piala Eropa kali ini ketimbang Prancis, padahal dari statistik beberapa pertemuan terakhir antara keduannya, Portugal susah mengalahkan Prancis baik dalam ajang resmi maupun uji coba pertandingan persahabatan. Namun tidak salah juga saya lebih memilih Portugal, meski banyak teman-teman yang sudah memastikan yang akan juara adalah tim tuan rumah Prancis (biarkan mereka menghibur diri).

Kedua, materi pemain Portugal termasuk yang saya gemari, karena di dalamnya ada pemain yang berlaga di liga spanyol khususnya di squad tim besutan zinedine zidane, Real Madrid. Pemain madrid yang masuk tim Portugal yakni Pepe dan Cristiano Ronaldo yang saat ini haus akan gelar di kanca internasional.

Ya Ronaldo. Berbicara tentang ronaldo, pemain yang sering menyabet pemain terbaik di beberapa event sepakbola ini yang juga termasuk paling senior di timnas Portugal. Sejak berlaga di timnas senior Portugal di tahun 2003 ronaldo belum sedikitpun memberikan gelar kepada timnasnya. Makanya kali ini saya begitu berbesar hati dan memberikan kesempatan kepada ronaldo untuk membuktikan ke mata dunia.

Sehingga itu, tak perlu terlalu banyak bersilat jari di atas papan qwerty untuk membahas panjang lebar masalah ini, toh ini hanya pendapat saya mau pilih siapa yang akan juara, tinggal si kulitbundar yang nantinya akan memecahkan kegirangan ketika bola akan merobek jala lawan. Dan kalian akan tau masa kejayaan yang terenggut saudara kandungnya akan diambil alih ronaldo cs.

VIDEO PILIHAN