Mohon tunggu...
Ivy Vania Ariany
Ivy Vania Ariany Mohon Tunggu... Kesehatan, Gaya Hidup

Seorang dokter gigi, hobi berbagi ilmu kesehatan dan gaya hidup. Free konsultasi

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Pilihan

Tips Menjalani Puasa Sehat Ramadan

23 April 2021   06:00 Diperbarui: 23 April 2021   06:15 136 8 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tips Menjalani Puasa Sehat Ramadan
Ilustrasi makanan sehat, data pribadi

Bulan Ramadhan merupakan momen bagi umat Muslim untuk mendekatkan diri pada yang diatas dengan cara berpuasa. Dalam sehari hanya mendapat kesempatan untuk makan dua kali sehari yaitu satu segera setelah matahari terbenam dan satunya lagi sebelum fajar.

Jika saya perhatikan, banyak teman saya yang mudah lelah selama berpuasa. Karena memang waktu untuk makan dikurangi, jam tidur ikut berkurang, sedangkan aktivitas tetap berjalan.

Apa saja dampak puasa terhadap kesehatan, hingga tips-tips menarik mengenai makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi bisa dilihat pada artikel ini

Dampak Puasa Terhadap Kesehatan secara Umum

Selain untuk kebaikan rohani, puasa juga memberikan kebaikan jasmani. Lemak darah jahat seperti kolesterol dan LDL (low density lipid) jadi berkurang, sehingga mengurangi resiko berbagai penyakit seperti serangan jantung stroke. WHO menemukan pencernaan berkerja menjadi lebih baik dan efisien. Berat badanpun ikut berkurang, meskipun biasanya setelah selesai puasa berat badan kembali lagi  hehe

Sayangnya mayoritas masyarakat dibulan puasa lebih banyak mengkonsumsi makanan manis dibandingkan hari-hari biasa. Puasa juga menyebabkan kamu rentan dehidrasi. Dehidrasi dapat menyebabkan kamu sakit kepala, mudah terasa lelah, hingga kehilangan konsentrasi.

Topik mengenai menu makan apa yang akan dimakan dijam-jam buka puasa, seringkali menjadi perdebatan kecil yang seru. Mau pesan makanan apa, dimana, bahkan porsi seberapa  banyak menjadi bagian dari kegalauan dihati teman-teman yang berpuasa. Boleh galau mau makan apa, asalkan mengikuti tips berikut ini:

Anjuran Pola Makan selama Puasa

1. Minum air putih yang cukup

Ada penelitian yang menunjukkan bahwa orang yang puasa mengkonsumsi lebih sedikit air dibandingkan saat tidak puasa. Maka sangat disarankan untuk mengkonsumsi air putih yang cukup diantara jam buka puasa dan sahur. Jumlah air yang dikonsumsi setiap orang bisa saja berbeda tergantung dari jenis kondisi fisik, lingkungan, dan aktivitasmu.

foto: freepik
foto: freepik
Pada daerah tropis seperti Indonesia, jumlah air yang direkomendasikan adalah 4.1-6 liter air per hari. Bisa juga menggunakan patokan berat badan, yaitu sebanyak 58.6 - 85.7 mL/kg per hari.

Banyak juga buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka. Kandungan air pada mentimun dan tomat juga mengandung air.

Hindari minuman-minuman manis karena minum-minuman manis mengandung kalori yang tinggi dan dapat menyebabkan berat badan naik dan diabetes. Minuman manis juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Kurangi minuman beralkohol, untuk wanita cukup mengkonsumsi 1 gelas alkohol sedangkan pria 2-3 gelas. Minuman berkafein seperti teh dan kopi sebaiknya dikurangi karena akan menyebabkan kamu sering pipis yang nantinya menyebabkan kamu dehidrasi.

2. Mengkonsumsi makanan sehat

Selama puasa, kamu tetap harus makan makanan yang sehat ya!  Perbanyak konsumsi makanan berserat, makanan yang mengandung kaya serat, vitamin dan mineral, serta makanan yang mengadung protein. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x