Mohon tunggu...
Ivone Heda Mailindra
Ivone Heda Mailindra Mohon Tunggu... Hoteliers - Ibu dua anak, hotelier, istri . Suka baca novel, berkomitmen untuk bijak memilih sumber berita, bacaan hiburan dan produk konsumsi .

Hanya bersedia berteman dengan akun yang ada di dunia nyata

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Kepada Yth Tahun 2021...

31 Desember 2020   16:35 Diperbarui: 31 Desember 2020   16:57 63
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Andaikan tahun 2021 adalah manusia , saya ingin menyampaikan ini  . 

Selamat datang Tahun  2021 , saya sudah menantikan saat berganti kalendar  yang menandai kehadiranmu  . Hal pertama yang saya  tandai  dalam  2021 adalah menandai ulang tahun anak anak  saya , ulang tahun pernikahan sekedar untuk memberi saya waktu untuk menerima bahwa saya tak lagi muda .  

Tahun ini saya sambut dengan optimis , meskipun dari semua teori yang saya lahap  untuk menyambut  2021, tak ada satupun yang memberi arahan bagaimana menghadapi tahun penuh ketidakpastian .  

Setiap kali membaca perkiraan  Bisnis ,  pertumbuhan ekonomi, perkembangan teknologi, perubahan budaya, arah politik , kebijakan pemerintah  hingga  klub sepak bola mana yang akan merajai pertandingan sepak bola musim depan, tak satupun  yang bisa saya jadikan pegangan dalam  menentukan apa yang akan saya lakukan  untuk  mengantisipasinya .  Tak satupun teori  bisa meyakinkan saya bagaimana mengambil langkah dengan minim resiko  mengarungi badai Pandemi  Covid -19 . 

Ibaratnya jika akan menyeberangi jalan, teori mengatakan harus menengok ke kanan dan ke kiri , saat ini saya merasa  tahun 2021 adalah keadaan di tengah arus badai,  kendaraan datang dari berbagai penjuru, sementara jarak pandang amat pendek , angin ribut, hujan turun tetapi matahari juga terik , pun di ujung  jalan tampak salju turun. pepohonan rimbun   terlihat menyejukan . 

Saya  harus mampu keluar dari badai ini untuk  bisa mencapai kesejukantersebut .  Maka saya hanya bisa bersiap dengan mengenakan jaket , alas kaki paling nyaman untuk segala musim, dan berpegangan pada segala hal yang bisa saya raih agar tidak tersapu badai, Survival mode .  

Tahun 2021 , jadikan saya manusia yang tetap optimis dan tidak kehilangan  semangat untuk tetap berusaha,  tetap berpegang pada prinisp  yang benar  karena hanya hal tersebut yang  bisa saya andalkan.  Perkara hasil apa yang akan saya raih setelah 2021 bergulir , ada  yang lebih  pantas menentukannya untuk saya . Apapun itu , saya berkeyakinan itulah yang terbaik untuk saya. Tugas saya sebagai manusia di dunia ini adalah berusaha dan berdoa  bukan mengatur hasil . 

31 Desember 2020 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun