Mohon tunggu...
Ivenda Septania
Ivenda Septania Mohon Tunggu... Hallo everyone!

Ivenda Septania Nuru Biatmoko, mahasiswa jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Tips Memulai Wirausaha di Tengah Pandemi dan Cara Mempertahankannya

25 Januari 2021   16:31 Diperbarui: 25 Januari 2021   16:36 368 2 0 Mohon Tunggu...

Meningkatnya wabah COVID-19 dari hari ke hari membuat kegiatan  terhambat. Terlebih lagi imbauan untuk work from home. Dengan hal ini masyarakat yang berdiam diri di rumah dapat terganggu perekonomiannya, maka hal ini dapat diatasi dengan memulai usaha melalui sistem daring/onlinr.

Sebelumnya, bisnis online/daring sudah jadi pilihan banyak orang karena sistemnya yang fleksibel. Berikut adalah barang yang dapat dijadikan ide bisnis untuk dijual seperti :

Makanan tahan lama

Dalam keadaan pandemi seperti ini, banyak masyarakat yang menyimpan makanan dan minuman di rumahnya dalam jumlah yang besar, pastinya makanan dan minuman yang tahan lama. Kita bisa menjual mie instan, makanan kalengan, minuman serbuk, air mineral, dan lain-lain.

  • Rempah Tradisional

Hingga saat ini penyakit covid-19 memang belum ada obatnya, tapi kita bisa mencegahnya dengan meningkatkan sistem imun. Rempah tradisional seperti jamu, bisa meningkatkan sistem imun. Jika kita jeli melihat peluang ini, maka kita dapat menjualnya dan pasti banyak orang yang berminat terutama para orangtua yang dari dulu sudah percaya dengan rempah-rempah. Misalnya seperti kunyit, temulawak, jahe, kencur, kayu manis, laos, dan daun sereh. Kita bisa membuat inovasi pesan antar jamu agar lebih mudah.

  • Camilan

Ide-ide kreatif bermunculan selama work from home terjadi, salah satunya mencoba resep-resep camilan yang asik menemani waktu senggang. Banyak orang yang awalnya hanya mencoba-coba resep camilan lezat, tetapi kemudian Ketika memproduksi dalam jumlah yang lebih banyak untuk di jual secara online hal ini terbukti ampuh untuk bisnis ditengah pandemi.

  • Frozen food

Ini adalah kesempatan kita dengan menjual frozen food secara online. Makanan beku menjadi alternatif banyak warga untuk makan sehari-harinya saat diberlakukannya work from home. Ini bisa menjadi peluang bisnis untuk mencukupi kebutuhan masyarakat. Frozen food yang sangat laku di antaranya ialah nugget ayam, risol mayo, dan stik kentang goreng.

  • Madu murni

Mengonsumsi madu sangat baik untuk kesehatan. Selain rempah-rempah, madu juga dipercaya menjaga daya tahan tubuh tetap prima. Banyak sekali masyarakat yang mencari bahan makanan yang diproduksi lebah ini. Menjual madu murni bisa dijadilan peluang usaha.

  • Masker kain

Stok masker kesehatan di Indonesia sudah sulit di temui. Ini dapat menjadi peluang usaha agar perekonomian tetap berjalan saat pandemi ini sedang berlangsung. Membuat sendiri masker dari kain untuk dijual Kembali merupakan salah satu ide yang bagus.

Cara untuk memaksimalkan usaha anda di tengah pandemic covid-19

  • Selalu Terhubung dengan Pelanggan di Media Sosial

Dengan banyaknya orang yang bekerja di rumah, penggunaan media sosial menjadi semakin aktif karena media sosial adalah salah satu cara agar tetap terhubung dengan banyak orang tanpa meninggalkan rumah. Pastinya jangan lupa untuk mempromosikan produk jualan ke media sosial untuk membantu membangun brand kamu.

  • Pastikan Bisnis Dapat Ditemukan Secara Online

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN