Mohon tunggu...
Ivana Lois
Ivana Lois Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Membahas topik pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa pada Masa Pandemi

1 Desember 2022   10:06 Diperbarui: 1 Desember 2022   10:08 61
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Upaya Meningkatkan Motivasi Siswa pada Masa Pandemi Oleh: Ivana Lois Dianawati

Pada awal tahun 2020, dunia sedang waspada dengan sebuah virus yang disebut dengan corona virus (COVID-19). Penularan Covid-19 sangatlah cepat sehingga Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menetapkan virus corona atau Covid-19 ini sebagai pandemic pada tanggal 11 Maret 2020. Status epidemic global atau pandemic ini menandakan penyebaran Covid-19 berlangsung sangatlah cepat hingga hampir tidak ada Negara di dunia yang dapat terhindar dari virus corona.

Covid-19 telah menjadi pandemic, sehingga pemerintah di berbagai Negara telah menerapkan lockdown atau karantina. Maka dari itu, pemerintah Indonesia pun turut menerapkan karantina. Pemerintah Indonesia telah menghimbau warga untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri selain itu, pemerintah juga menerapkan aturan PSBB yaitu Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam rangka penanganan covid-19. Hal ini dilakukan dengan harapan virus tidak akan menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan dengan maksimal. Selain diterapkannya PSBB pemerintah juga membatasi kegiatan diluar rumah seperti pada bidang pendidikan yang telah dilakukan melalui pembelajaran online.

Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah berkembang sangat pesat sehingga mendorong berkembangnya berbagai lembaga pendidikan yang memanfaatkan pembelajaran online untuk meningkatkan efektivitas dan fleksibilitas belajar. Melalui pembelajaran online materi belajar dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Disamping itu, materi belajar dapat diperkaya dengan berbagai sumber pembelajaran termasuk multimedia.Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non cetak (audio/video), komputer/internet, siaran radio dan televise. Melakukan pembelajaran online memiliki beberapa dampak positif dalam pembelajaran online, antara lain: a)Meningkatkan interaksi belajar antara pembelajar dengan pengajar (enhance interactivity). b)Memungkinkan belajar dimana saja dan kapan saja(time and place flexibility). c)Menjangkau peserta didik dalam cakupan yang luas (potential to reach a global audience).d)Mempermudah penyimpanan dan penyempurnaan dalam belajar(easy updating of content as well as archivable capabilities). e)Membangun Komunitas.

 Motivasi belajar adalah keseluruhan daya penggerak dalam diri siswa yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki oleh subyek belajar itu dapat tercapai (Sardiman, 1986: 75). Motivasi dalam belajar sangat penting artinya untuk mencapai tujuan proses belajar mengajar yang diharapkan, sehingga motivasi siswa dalam belajar perlu dibangun. Motivasi belajar dalam diri seseorang akan menimbulkan gairah atau meningkatkan semangat dalam belajar. Motivasi belajar mengandung usaha untuk mencapai tujuan belajar yaitu pemahaman materi dan pengembangan belajar. Selain itu, motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi belajar yang rendah dapat menimbulkan dampak negatif bagi siswa, motivasi belajar yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa.Motivasi belajar dalam diri siswa satu dengansiswa yang lain berbeda, ada siswa yang memiliki motivasi belajartinggi dan ada juga siswa yang memiliki motivasi belajar rendah.

Pembelajaran online memiliki beberapa dampak positif bagi siswa karena siswa dapat belajar dimana saja dan kapan saja. Akan tetapi, ada permasalahan yang dapat mengganggu proses pembelajaran online yaitu siswa memiliki motivasi belajar yang kurang ketika menjalankan pembelajaran online. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Sebagai upaya menegakkan KBM yang lebih menyenangkan di masa pandemic ini, pemerintah melalui kemendikbud menerapkan beberapa program yang didasarkan pada Surat Edaran no. 4 tahun 2020. Melalui surat edaran itu kemendikbud menetapkan beberapa program pembelajaran di masa pandemic ini antara lain : .

1. Pembelajaran Daring Interaktif dan Non Interaktif

Esensi dari pembelajaran daring adalah bagaimana proses belajar tetap berlangsung selama di rumah. Bukan memindahkan sekolah ke rumah, tetapi guru perlu memilih materi-materi penting yang perlu dilakukan anak-anak di rumah.Faktor infrastruktur memang mempengaruhi proses belajar daring, tetapi bagaimana guru dapat melaksanakan target kurikulum bisa tetap tercapai.

2. Pendidikan Kecakapan Hidup

Dengan adanya pendidikan kecakapan hidup maka hal tersebut dapat menyenangkan bagi siswa agar lebih enjoy dalam menjalani KBM. Misalnya pembelajaran tentang bagaimana cara menghindari virus covid-19, bagaimana menjalankan protocol kesehatan.

3. Pembelajaran sesuai dengan Minat dan Kondisi Siswa

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun