Mohon tunggu...
Ivana SilfiaJacob
Ivana SilfiaJacob Mohon Tunggu... Freelancer - halo!

im here!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Teori Hipodermik pada Tayangan Berita Vanessa Angel

1 Desember 2021   02:06 Diperbarui: 1 Desember 2021   02:13 67 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Nama : Ivana Silfia Jacob

NIM : 210501010076

Mata Kuliah : Komunikasi Massa

Kelas : KM104

Media memiliki kemampuan untuk memikat, mempengaruhi, dan bahkan mengendalikan khalayaknya ini telah berawal sejak awal abad ke -20, teori jarum hipodermik merupakan teori komunikasi linier yang menunjunkkan bahwa pesan media disuntikkan langsung ke otak audiens yang pasif dan homogen.

Teori jarum hipodermik sangat mendominasi di tahun 1940-an, namun kini telah ditinggalkan oleh sebagian besar ahli teori media sebagai penjelasan yang valid tentang komunikasi dan pengaruh media, namun meskipun telah ditinggalkan teori ini masih mengakar dan pengaruhnya masih bisa terasa hingga saat ini, seperti pada berita meninggalnya artis Vannessa Angel yang membawa duka sangat dalam pada netizen.

Seperti yang telah diketahui, Artis sinetron Vanessa Angel dan suaminya, Bibi Ardiansyah meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di tol Trans Jawa ruas Kertosono-Jombang kilometer 672, pada pukul 12.36 WIB.

Berita ini tentu saja membawa pengaruh pada public yang telah mengenal Vanessa Angel sebagai artis dan seorang model.

Mulai dari tanggal 4 November 2021, saya menyaksikan tayangan berita Trans TV pada program "Insert Today" dengan judul headline 'In Memoriam Vanessa Angel & Bibi Ardiansyah'. Pada berita tersebut pembawa acara  mewawancarai Joana Kania sebagai  Mantan Manager Vanessa Angel melalui panggilan suara untuk mengkonfirmasikan  berita kecelakaan yang dialami Vanessa Angel & Bibi Ardiansyah, diketahui bahwa terdapat 5 orang yang berada di dalam mobil tersebut, dan hanya 3 orang yang bisa diselamatkan, yaitu Gala Sky anak Vanessa dan Bibi Andriansyah, pengasuh Gala, Siska Lorensa (21), serta Tubagus Joddy, sopir Vanessa Angel. Karna suasana masih dalam keadaan berduka belum ada kejelasan tentang penyebab kecelakaan yang dialami Vanessa Angel dan suaminya.

Melalui berita ini, saya sebagai audients mengalami sebuah efek secara afektif , terjadi perubahan perasaan pada diri saya yang awalnya biasa saja jadi ikut merasa duka. Selain itu, juga membuat saya menyadari untuk berhati-hati saat dalam  perjalanan ke suatu  tempat

Pada keesokan harinya pada tanggal 5 November 2021, KompasTV menayangkan berita langsung  pemakaman Vanessa Angel dan suami dengan judul "Isak Tangis Keluarga Pecah Sambut Kedatangan Jenazah Vanessa Angel dan Suami" pada tayangan ini ditampilkan bagaimana suasana rumah duka keduanya di kawasan  Jakarta Barat, pada Jumat, 5 November 2021 Pukul 04.20 Pagi, keluarga tak kuasa menangis di samping peti jenazah Vanessa dan Bibi, diketahui bahwa jenazah mereka akan di makamkan di tempat pemakaman Islam Malaka, Jakarta Selatan pada 5 November 2021.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan