Mohon tunggu...
Ivana Febyola
Ivana Febyola Mohon Tunggu... pelajar

:)

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Peran Orangtua dalam Memenuhi Pendidikan pada Anak Mental Disorder

3 Maret 2021   22:44 Diperbarui: 3 Maret 2021   23:17 35 2 0 Mohon Tunggu...

Mental merupakan aspek yang sangat penting bagi manusia, ketika mereka mengalami gangguan mental atau biasa disebut mental disorder. Mental disorder adalah istilah yang hampir sama dengan pola prilaku abnormal yang meliputi semua rentan gangguan.

Ada beberapa  hal yang menjadi pemicu gangguan mental,yaitu:

1.Faktor sosial, seperti kemisikinan, konflik rumah tangga, belum bekerja dan masalah finansial,

2.faktor biologis, seperti genetik, kerusakan pada otak dan menderita penyakit berisiko tinggi,

3.faktor psikologis, seperti putus asa dan merasa rendah diri, mengalami kejadian yang tidak baik semasa kecil, trauma yang dialami semasa kecil, kehilangan orang tua di usia muda atau anak yang kurang perhatian.

Terdapat beberapa permasalahan yang ditimbulakan oleh anak yang mengalami mental disorder salah satunya adalah pendidikan, biasanya anak yang mengalami mental disorder sangat rentan dalam besosialisasi dan berkomunikasi. Mereka juga sulit mengembangkan pikiran oleh karena itu peran orang tua sangatlah penting untuk memberi mereka pendidikan kesehatan mental para orang tua harus menuntun mereka.

Disini fungsi dan peranan orang tua sangat penting untuk menuntun,mengarahkan proses pertumbuhan dan perkembangan mereka.

Mengenai pendidikan peran orang tua sangat penting karena orang tualah yang mengetahui kondisi anaknya, terutama anak yang memiliki kebutuhan khusus, mereka perlu kasih sayang, perhatian dan pendekatan yang lebih.

Menjadi orang tua sejatinya harus siap akan setiap situasi dan kondisi yang terjadi pada anaknya.

orangtua  memiliki peran penting dalam pendidikan yang dijalankan kepada anak apalagi anak berkebutuhan khusus yaitu anak dengan

mental disorder. Dalam pemberian pembelajaran bagi anak pendidikan sebaiknya mengikuti sifat-sifat bawaan anak, salah

satunya yaitu sifat anak mental disorder orangtua harus lebih mengikuti karakter dan sifat yang dimilikinya.

VIDEO PILIHAN