Mohon tunggu...
Ivana Agustina
Ivana Agustina Mohon Tunggu... Editor - Mahasiswa

human society

Selanjutnya

Tutup

Book

Review Buku "Teori Pembangunan Dunia Ketiga"

8 Juli 2022   10:15 Diperbarui: 8 Juli 2022   13:03 194 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Book. Sumber ilustrasi: Freepik

Judul Buku                 : Teori Pembangunan Dunia Ketiga 

Nama Penulis            : Dr. Arief Budiman

Penerbit                       : Gramedia Pustaka Utama

Jumlah halaman       : 130

Tahun Terbit              : 1995

Nomor ISBN               : 979-605-142-7

Sebagaimana judulnya, Buku Teori Pembangunan Dunia Ketiga membahas tentang berbagai teori pembangunan yang penting untuk pembangunan dunia ketiga. Dunia ketiga ini diartikan sebagai negara yang secara ekonominya masih miskin, atau biasa disebut negara berkembang. Teori pembangunan dunia ketiga merupakan teori pembangunan yang berusaha menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masyarakat miskin di dalam dunia yang didominasi oleh kekuatan ekonomi, ilmu pengetahuan, dan militer di negara-negara maju.

Ada tiga kelompok teori yang dibahas dalam buku ini, yang pertama adalah  Teori Modernisasi yang menekankan pada faktor manusia dan juga nilai budaya sebagai pokok persoalan dalam pembangunan. Yang kedua, Teori Ketergantungan dimana teori ini merupakan reaksi terhadap teori modernisasi yang dianggap kurang mumpuni bahkan menyesatkan. Teori ini dipengaruhi oleh metoda analisis marxis, namun didalamnya juga membantah beberapa tesis dasa marxisme. Ketiga, Teori Pasca Ketergantungan  merupakan kelompok teori-teori yang didasarkan pada reaksi terhadap teori ketergantungan. Di dalam teori ini terdapat teori sistem dunia, teori artikulasi, dan sebagainya yang pada dasarnya menolak teori ketergantungan karena dianggap terlalu menyederhanakan persoalan padahal dalam kenyataannya gejala pembangunan di dunia ketiga jauh lebih kompleks.

Selain membahas mengenai berbagai teori tersebut, buku ini juga mengantarkan kita pada konsep atau makna dari pembangunan itu sendiri. Buku ini juga menyediakan fakta mengenai dampak negative dari pembangunan itu sendiri. Pembangunan yang dimaknai sebagai usaha dalam memajukan kehidupan masyarakat dan warganya, nyatanya terdapat beberapa celah yang mengakibatkan penderitaan masyarakat lainnya. Bagi sebagian orang kecil atau dengan kata lain masyarakat miskin, pembangunan terkadang merupakan malapetaka yang merugikan kehidupan mereka.

Hal terbaik dalam buku ini menurut saya adalah sudut pandang penulis, dimana Arief Budiman tidak hanya menyoroti bagaimana pembangunan ini memajukan sebuah negara, namun ia juga mengangkat bagaimana titik gelap pembangunan.  Selain itu, opininya juga didukung dengan berbagai bukti konkrit sehingga memudahkan embaca dalam memahaminya. Buku Teori Pembangunan Dunia Ketiga merupakan buku yang menyajikan kajian komprehensif mengenai teori-teori dari berbagai pakar yang bisa dijadikan acuan ketika kita ingin memahami seluk beluk pembangunan bagi masyarakat miskin.

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Book Selengkapnya
Lihat Book Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan