Mohon tunggu...
Itsna Nuning
Itsna Nuning Mohon Tunggu... Mahasiswa jurusan PAI IAIN PEKALONGAN

membaca adalah jendela ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Sejarah Peradaban Islam

14 Mei 2021   10:31 Diperbarui: 14 Mei 2021   10:34 41 1 0 Mohon Tunggu...

Pengertian sejarah adalah ilmu pengetahuan yang melukiskan atau menjelaskan fenomena kehidupan sepanjang terjadinya perubahan karena adanya hubungan antara manusia terhadap masyarakatnya. Atau bisa di artikan juga bahwa sejarah adaah ilmu pengetahuan yang berusaha melukiskan tentang peristiwa masa lampau umat manusia yang disusun secara kronologis untuk menjadi pelajaran bagi manusia yang hidup sekarang maupun masa yang akan datang. 

Pengertian peradaban, istilah peradaban dipakai untuk bagian bagian dan unsur-unsur kebudayaan yang halus dan indah, kebudayaan mencakup peradaban tetapi tidak sebaliknya, sebab peradaban dipakai untuk menyebut kebudayaan yang maju dalam bentuk ilu pengetahuan, teknologi dab seni. Pengertian islam, islam adalah agama yang diturunkan oleh Allah untuk Nabi Muhammad melalui wahyu yang disampaikan oleh malaikat Jibril, islam itu bukan kebudayaan, akan tetapi islam menimbulkan kebudayaan. 

Kebudayaan yang ditimbulkan dinamakan kebudayaan atau peradaban islam. Menurut Nourouzzaman Shiddiqy sejarah peradaban islam dibagi menjadi 3 periode yakni: periode klasik (650-1258), periode pertengahan (jatuhnya baghdad sampai ke penghujung abad ke-17), dan periode modern (1800 sampai sekarang).

Periode Klasik merupakan masa keemasan dan juga kejayaan islam dibagi kedalam dua fase, fase pertama yakni fase ekspansi, itregarsi dan pusat kemajuan, di masa ini daeerah islam meluas melalui afrika uatara sampai ke spanyol di belahan barat dan melalui persia samapi ke india bagian timur, fase kedua yakni fase disintegrasi di masa ini keutuhan umat islam dalam bidang politik mulai pecah. 

Periode Pertengahan, periode ini juga di bagi menjadi dua fase, fase pertama kemunduran di masa ini desentralisasi dan disintegrasi berambah meningkat, perbedaan antara sunni dan syiah dan antara arab dan persia bertambah nyata kelihatan, fase kedua tiga kerajaan besar dan masa kemunduran, tiga kerajaan besar tersebut adalah kerajaan Utsman di Turki, kerajaan Safawi di Persia, dan kerajaan Mughal di India, umat islam semakin mundur dan statis, dalam masa itu eropa bertambah kaya dan maju, penjajahan barat dengan kekuatan yang dimiliki meningkat ke dunia islam. 

Periode Modern merupakan zaman kebangkitan umat islam, jadi di periode ini timbulah pemiiran-pemikiran dan ide-ide mengapa umat islam lemah, mundur dan bagaimana mengatasinya dan perlu adanya pembaharuan umat islam.

Nama : Itsna Nuning Nur'Aini

Nim : 2120199

Dosen pengampu : Dewi Anggraeni, Lc.,M.A

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x