Mohon tunggu...
Ita Nuratifa
Ita Nuratifa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Wisata

Selanjutnya

Tutup

Indonesia Sehat

Informasi Imunisasi Tidak Benar : Mahasiswa KKN-T UPI Lakukan Sosialisasi, Edukasi dan Sukseskan BIAN Tahap 2 Di Desa Gegesik Kulon

7 Agustus 2022   19:51 Diperbarui: 7 Agustus 2022   23:53 142 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Meredahnya Pandemi Covid-19 di tahun 2022 sekarang ini merupakan peluang besar untuk membentuk masyarakat yang lebih sehat dan sejahtera dengan mengadakan berbagai program kesehatan bagi setiap orang tidak terkecuali balita. Untuk itu balita membutuhkan imunisasi lengkap sebagai bentuk perlindungan dalam menjaga kesehatan tubuhnya.

Imunisasi Lengkap adalah program pencegahan penyakit menular yang dilakukan dengan pemberian vaksin. Meskipun masyarakat telah mengetahui imunisasi tetapi masih banyak masyarakat juga yang belum paham akan manfaat imunisasi, jenis dan jadwal imunisasi khususnya imunisasi susulan (Kejar Imunisasi).

Dokpri
Dokpri

Adanya Informasi imunisasi yang tidak benar dan Menurunnya cakupan imunisasi, Mahasiswa KKN-T UPI Tasikmalaya ikut andil dalam menyukseskan imunisasi di Desa Gegesik Kulon dengan membuat berbagai program untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya imunisasi lengkap pada masyarakat, Program yang dilaksanakan antara lain :

  • Program Pendataan balita yang belum atau kurang dalam imunisasi lengkap
  • Pendampingan masyarakat yang mengimunisasikan bayinya di Pelayanan Desa dan Posyandu
  • Program Sosialisasi manfaat dan jenis imunisasi bagi balita dengan media brosur
  • Program Edukasi "informasi imunisasi tidak benar" secara door to door dengan mengarahkan informasi yang sebenarnya atau tanyakan langsung pada yang berpengalaman terkait imunisasi

Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri
Dokpri

Selain program tersebut, Mahasiswa KKN-T UPI Tasikmalaya turut menyukseskan BIAN (Bulan Imunisasi Anak Nasional) Tahap 2 dengan ikut mendata balita yang akan melakukan imunisasi sesuai umurnya bersama Ibu Kader Posyandu Gandarasa 3.

BIAN merupakan program kementrian kesehatan republik indonesia untuk mengejar imunisasi dasar yang menurun akibat Pandemi Covid-19. Kegiatan BIAN antara lain penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, Pengukuran LILA, Pemberian Vitamin A dan Vaksin campak rubela.

Pada hari Kamis, 4 Agustus 2022 dilaksanakannya program BIAN Tahap 2 di Posyandu Gandarasa 3 dengan pihak yang terlibat yaitu Puskesmas Gegesik, Bidan Desa Gegesik Kulon, Kader Gandarasa 3, Masyarakat dan Mahasiswa KKN-T UPI Tasikmalaya.

Dokpri
Dokpri

Dengan adanya program dari mahasiswa KKN-T UPI Tasikmalaya yang berlangsung selama 30 hari dimulai dari 11 Juli 2022 sampai 10 Agustus 2022 dan Program BIAN Tahap 2 dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang sudah dijalankan, Diharapkan dapat menambah cakupan imunisasi dan kesadaran masyarakat akan pentingnya imunisasi lengkap tepat waktu serta dapat menepiskan informasi imunisasi yang tidak benar di kalangan masyarakat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Indonesia Sehat Selengkapnya
Lihat Indonesia Sehat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan