Mohon tunggu...
Ita Febrianti
Ita Febrianti Mohon Tunggu... Freelancer - Mahasiwa Ekonomi Pembangunan

Mahasiswa Ekonomi Pembangunan Universitas Muhammadyah Malang

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Apa Saja Ancaman dan Kekuatan Usaha Mikro dalam Lingkup Ekonomi Digital?

18 Januari 2022   11:22 Diperbarui: 20 Januari 2022   09:37 58 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Seringkali saat ini kita mendengar kata "digital" pada proses pertumbuhan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi sendiri merupakan wujud dari bentuk tingkat kesejahteraan yang ada dalam ruang lingkup masyarakat.

Dengan adanya ekonomi digital ini mampu merubah ekonomi global yang membuat industri kecil menjadi industri multinasional mikro dengan elastis dan dinamika yang telah mereka miliki.

Hal ini menjadi perkembangan utama bagi ekonomi digital dalam membangun bisnis secara digital di era revolusi industri 4.0."Indonesia saat ini telah mencapai ekonomi digital dengan capaian 2,092 T di tahun 2025" ucap Presiden Jokowi pada pertemuan pers,Sabtu (CNN,1/6/2022).

Pencapaian dari ekonomi digital tersebut haruslah dioptimalkan khususnya pada pengembangan bisnis digital. Di era teknologi yang semakin maju ini bisa digital tidak hanya memiliki adanya komponen tantangan namun juga pemanfaatan teknologi untuk menciptakan peluang dan solusi bisnis yang tepat.Ekonomi digital di Indonesia memberikan dampak positif, namun juga memiliki tantangan yang harus dihadapi oleh para pebisnis.

Melihat perkembangan digital saat ini salah satu usaha pemerintah Indonesia untuk mengembangkan usaha mikro sebagai ruang lingkup ekonomi digital yang mampu berdaya saing yaitu dengan memberikan fasilitas usaha mikro go online diharapkan mampu menghasilkan 8 Juta usaha mikro Indonesia yang mampu masuk ke dalam platform pasar online yang dikembangkan pada pertengahan tahun 2018 lalu.

Pengembangan ekonomi digital sebagai salah satu ancaman dan juga kekuatan pada pembangunan usaha mikro ini menjadi  hal yang terindikasi.bahwa adanya ekonomi digital mampu untuk membawa perkembangan yang menyeluruh terkait usaha mikro yang berkembang saat ini dalam peningkatan yang strategis.

Sehingga,hal ini memungkinkan pemasaran yang dilakukan secara optimal dalam ruang lingkup konsep yang terstruktur dalam pengembangan adanya munculnya berbagai macam digital application yang membantu pengembangan ekonomi digital saat ini dalam usaha mikro.

Ekonomi digital saat ini kita membutuhkan proses yang harusnya dikembangkan secara optimal bagi pebisnis dalam negeri untuk menghadapi berbagai macam tantangan khususnya pelaku usaha mikro dalam ruang lingkup pertumbuhan ekonomi.

Pertumbuhan ekonomi ini menjadi pusat perhatian apabila pengembangan dari kekuatan pembangunan di Indonesia terhadap masalah digital hal ini sangatlah penting.

Dalam pertumbuhan ekonomi digital saat ini banyak membantu para pebisnis untuk mengembangkan aplikasi digital dalam perkembangan pasar.

Selama melakukan ekonomi digital para pengusaha diharuskan untuk memberikan adanya kontribusi digital dalam melakukan kegiatan ekonomi yang ada di pasar global.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ekonomi Selengkapnya
Lihat Ekonomi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan