Mohon tunggu...
Isye Meilinda Handayani
Isye Meilinda Handayani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Jurusan Bimbingan dan Konseling UPI

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2021: Upaya dalam Penguatan dan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi

3 Agustus 2021   13:22 Diperbarui: 3 Agustus 2021   13:24 198
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pandemi Covid-19 saat ini merubah gaya hidup dan kondisi perilaku keseharian, termasuk belajar dan bekerja. Perubahan yang berdampak cukup signifikan salah satunya berada di bidang pendidikan. Pemerintah melakukan kebijakan dalam sistem pendidikan yang dilakukan secara online atau sistem dalam jaringan (daring) sejak bulan Maret 2020. Kebijakan pemerintah melalui pembelajaran jarak jauh ini merupakan adaptasi kebiasaan baru di bidang pendidikan dalam masa pandemi Covid-19 guna mengurangi penyebaran dan menanggulangi dampak covid-19 di bidang pendidikan.

Dalam pelaksanaannya, pembelajaran daring memiliki banyak kendala dan tantangannya tersendiri untuk berbagai pihak. Keterbatasan jangkauan akses internet dan media pembelajaran menjadi salah satu kendala pembelajaran di masa pandemi. Semua elemen masyarakat perlu bekerja sama dengan pemerintah dalam penanggulangan dampak pandemi Covid-19. Melalui tantangan-tantangan itu, UPI hadir memberi solusi dan ikut berkontribusi memberikan pendekatan kepada masyarakat dalam menanggulangi dampak covid-19 di bidang pendidikan. Bentuk kontribusi dari UPI untuk masyarakat yaitu kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi (KKN Tematik MDBPE-MBKM). Tema dalam kegiatan KKN Tematik ini ada 3 yaitu Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan, Membangun Desa melalui Peningkatan Ekonomi Masyarakat, dan Rekognisi Program MBKM dan Puspresnas Kemdikbudristek. Mahasiswa dapat memilih salah satu program dari 3 tema KKN tersebut.

Dalam program Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan, mahasiswa KKN Tematik UPI 2021 memberikan beberapa upaya untuk desa dan masyarakat diantaranya dengan cara penguatan dan pendampingan pembelajaran daring siswa serta pendampingan orangtua dalam membimbing anak untuk semua mata pelajaran di TK/PAUD, SD/MI, TPA, SMP/MTs, SMA/MA, SMK, Kursus dan PKBM; mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan; dan membantu administrasi guru secara daring untuk sasaran program dan jenjang pendidikan yang telah ditentukan.

Penguatan dan pendampingan belajar daring di masa pandemi ini dilakukan dengan sasaran minimal 2 guru, 10 orangtua siswa, dan 10 siswa. Salah satu mahasiswa yang melaksanakan KKN Tematik UPI 2021 dengan program Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan adalah Isye Meilinda Handayani, mahasiswa jurusan Bimbingan dan Konseling UPI, dengan sasaran KKN bertempatkan di SDN 1 Sukarapih, beralamatkan di Desa Sukarapih, Kec. Cibeureum, Kab. Kuningan.

Beberapa kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran daring di SDN 1 Sukarapih adalah kendala jaringan di wilayah tempat tinggal siswa/guru, kurangnya biaya untuk membeli kuota internet, serta penggunaan HP (smartphone) yang terbatas karena 1 HP dapat dipakai oleh beberapa anggota keluarga. Hal ini menjadi tantangan untuk pemerintah dan berbagai pihak dalam mengatasi problematika ini. Adapun upaya penguatan dan pendampingan belajar daring dilakukan dengan memberikan media pembelajaran yang sesuai untuk siswa kelas 5 SD. Selain itu, pendampingan pembelajaran daring kepada orangtua dilakukan dengan membagikan beberapa tips untuk orangtua agar dapat membimbing anaknya dalam pembelajaran daring. Mahasiswa juga membantu guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran seperti menyusun program semester dan program tahunan untuk kelas 5 SD, serta membuat google formulir untuk penilaian siswa. Adanya pelaksanaan KKN Tematik ini diharapkan dapat membantu tenaga pendidik, siswa, dan masyarakat dalam menguatkan penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan.

Penulis : Isye Meilinda Handayani

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun