Mohon tunggu...
Iswan Heri
Iswan Heri Mohon Tunggu... Dreamer, writer, and an uncle

Traveller, Editor, Writer, Dreamer. Email: iswanheri43@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Tak Sekadar Mengejar "Finish"

22 April 2018   00:11 Diperbarui: 26 April 2018   08:00 0 0 0 Mohon Tunggu...
Tak Sekadar Mengejar "Finish"
Rombongan K-Jog sampai di lokasi Candi Prambanan (dokpri).

Rembulan masih cantik-cantiknya dan bintang masih gemerlap saat saya meluncur dari jantung kota Jogja menuju ke batas timur kota, lebih tepatnya ke area candi Prambanan.

Waktu masih menunjukkan pukul 03.00 dini hari. Biasanya saat seperti itu, saya masih asyik menarik selimut dan berpetualang di alam mimpi. Tapi khusus untuk hari itu, saya rela menyunat jam tidur saya untuk menuliskan pengalaman dan petualangan baru. Tapi tenang saja, saya bukanlah orang iseng atau kriminal yang berniat hendak membobol bank pada dini hari.

Kurang lebih 30 menit perjalanan hingga kami mencapai lokasi parkir Candi Prambanan. Di area parkir tersebut, semua panitia, media, maupun peserta lomba harus melanjutkan perjalanan ke titik start dengan berjalan kaki kurang lebih 300 meter. Lumayan juga sih, buat pemanasan sebelum lomba.

Peserta Mandiri Jogja Marathon 2018 melakukan pemanasan (dokpri).
Peserta Mandiri Jogja Marathon 2018 melakukan pemanasan (dokpri).
Hari itu (15/4/2018), saya mendapatkan kesempatan untuk menghadiri acara Mandiri Jogja Marathon (MJM) 2018  yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi DI Yogyayakarta dan Bank Mandiri. Saya tidak datang sendiri tentunya. Bersama-sama 19 kawan Kompasianer Jogja (K-Jog), saya akan merekam cerita saat acara berlangsung.

Yang istimewa dari acara ini adalah titik start maupun finish para peserta terletak di area candi Prambanan. Rute yang ditempuh para pelari nantinya juga melewati area candi di daerah Prambanan, sehingga selain berlomba, para peserta juga diberi kesempatan menikmati alam pedesaan serta melewati peninggalan sejarah berupa Candi Prambanan, Candi Plaosan, dan Monumen Taruna. Kombinasi kegiatan olahraga dan wisata sejarah barangkali baru pertama kali ini dilakukan di kota Jogja.

Ada 4 kategori yang dilombakan dalam acara Mandiri Jogja Marathon 2018 kali ini, yaitu kategori:

-Full Marathon (42 km),

-Half Marathon (21 km),

-Kategori 10 km, dan

-Kategori 5 km.

Peserta Mandiri Jogja Marathon 2018 (dokpri).
Peserta Mandiri Jogja Marathon 2018 (dokpri).
Keistimewaan lain dari MJM 2018 adalah jumlah peserta yang berjumlah sekitar 8.000 orang yang berasal dari seluruh Indonesia. Bahkan ada peserta yang berasal dari luar negeri juga, diantaranya dari Malaysia, Kenya, dan Jepang. Sedangkan peserta dalam negeri didominasi dari daerah Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Depok.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3