Mohon tunggu...
Isti Kamila
Isti Kamila Mohon Tunggu... Dosen - -

menebar manfaat lebih baik daripada menebar kebencian

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pemanfaatan Media Pembelajaran Interaktif sebagai Solusi Pembelajaran Daring

30 November 2021   06:00 Diperbarui: 30 November 2021   06:02 71 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
 Gambar 1. Peserta Pengabdian Kepada Masyarakat/dokpri

Sejak terjadi pandemi Covid-19, sistem tatanan pembelajaran mengalami perubahan yang semula dilakukan dengan cara tatap muka, kemudian menjadi pembelajaran daring. Begitu juga dengan MA Al Falak, pembelajaran yang dilakukan sampai Bulan September 2021 kemarin adalah dengan cara daring. 

Dosen dan mahasiswa Program Studi Matematika Universitas Pakuan pun turut berkontribusi dan memberikan solusi berupa media pembelajaran interaktif dalam mengajarkan materi limit kepada siswa/i MA Al Falak. Siswa/i tampak anstusias mengikuti serangkaian kegiatan yang dilakukan.

Ada tiga tahapan pelaksanaan yang dilakukan pada saat pengabdian kepada Masyarakat di MA Al Falak, yaitu pertama, pemberian pretest, materi dan games kahoot. Yang kedua, membagi kelas menjadi dua kelompok untuk mendapatkan bimbingan intensif dari dua mahasiswa yang terlibat dalam PKM ini. Yang ketiga, review materi dan pemberian posttest.

Gambar 2. Pemberian Materi Melalui Media Pembelajaran Interaktif/dokpri
Gambar 2. Pemberian Materi Melalui Media Pembelajaran Interaktif/dokpri

Hasil dari pengabdian ini adalah terjadi peningkatan kompetensi siswa pada materi limit. Hal ini bisa dilihat dari rata-rata pretest siswa yang semula 34.35 menjadi 78.70. Dengan kata lain, pemberian materi limit melalui media pembelajaran interaktif efektif untuk meningkatkan kompetensi pembelajaran matematika siswa khususnya pada materi limit.

Gambar 3. Pemenang Quiz Melalui Games Kahoot/dokpri
Gambar 3. Pemenang Quiz Melalui Games Kahoot/dokpri

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan