Mohon tunggu...
Isni Trisnawati
Isni Trisnawati Mohon Tunggu... Mahasiswa

Mahasiswa Kimia Universitas Sebelas Maret

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

KKN UNS Covid-19: Pola Hidup Sehat Guna Mencegah Covid-19 di Dk. Tempuran, Sukoharjo

16 Juli 2020   21:00 Diperbarui: 16 Juli 2020   20:57 12 0 0 Mohon Tunggu...

Bulan Juni 2020 Mahasiswa KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 melaksanakan program kerja berupa pembagian ember, sabun cuci tangan dan handsanitizer serta sosialisasi untuk mencuci tangan di Dk. Tempuran RT 02/RW 06, Kel. Bulakan, Kec/Kab. Sukoharjo. 

Kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa UNS Isni Trisnawati yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Bapak Drs. IF Bambang Sulistyono Sk,MT.arch selaku dosen pembimbing lapangan dan Bapak Suyadi selaku ketua RT. 

Pembagian ember, sabun cuci tangan dan handsanitizer diperuntukkan bagi warga yang belum memilikinya dan juga diberikan ditempat umum seperti pos ronda. 

Harapanya tempat cuci tangan ini dapat diletakkan di depan rumah dan menjadi kebiasaan warga ketika mamasuki rumah untuk dapat mencuci tangan terlebih dahulu. 

Pada ember yang diberikan juga ditempelkan stiker tentang langkah cuci tangan yang benar sehingga warga dapat menerapkan langkah cuci tangan dengan benar.

Pada kegiatan pembagian ember, sabun cuci tangan dan handsanitizer serta sosialisasi untuk mencuci tangan dan penggunaan handsanitizer, mahasiswa KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 memberikan penjelasan singkat terkait dengan pentingnya mencuci tangan dalam langkah mencegah penularan Covid-19. 

Namun, tidak hanya itu Isni Trisnawati sebagai pelaksana program sosialisasi ini juga mengajarkan kepada warga Dk. Tempuran tentang cara hidup sehat untuk mencegah Covid-19 seperti penggunaan handsanitizer, menggunakan masker saat keluar rumah, menerapkan sosial distancing dan membawa peralatan yang digunakan secara pribadi. Penggunaan Handsanitizer ini bertujuan untuk perlindungan dan menjaga kebersihan terutama tangan ketika berada diluar rumah.

Warga Dk. Tempuran juga merasa bertambah ilmunya karena mahasiswa KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 juga memberikan video tutorial pembuatan ember dan handsanitizer dengan bahan alami sehingga dapat diterapkan secara mandiri. 

Respon yang positif diberikan warga mengenai kegiatan ini, karena mahasiswa KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 dapat memberikan dampak positif di desa sendiri dan dapat memberikan contoh serta inovasi kreatif. Pembinaan yang dilakukan mahasiswa KKN UNS Tanggap Wabah Covid-19 diharapkan mampu meningkatkan kesadaran masyarakat Dk. Tempuran untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam menghadapi pandemi Covid-19, penerapan kebiasaan tersebut dapat menjadi kebiasaan yang baik sehingga agar senantiasa dalam keadaan yang sehat.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x