Mohon tunggu...
Isna Atikoh
Isna Atikoh Mohon Tunggu... Mahasiswa Pendidikan Akuntansi UNS

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Mahasiswa KKN UNS Mengajak Warga Kepuh Babon Cegah Penyebaran Covid-19

8 Juli 2020   05:44 Diperbarui: 8 Juli 2020   06:08 22 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa KKN UNS Mengajak Warga Kepuh Babon Cegah Penyebaran Covid-19
pembagian-handsanitizer-5f04fedbd541df62253798c4.jpeg

Di tengah pandemi Covid-19 ini Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengambil peran untuk ikut serta dalam mengatasi  pandemi dengan mengadakan KKN UNS Era Covid-19. Program ini diadakan sebagai bentuk pengamalan Tri Darma Perguruan Tinggi yakni pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh mahasiswa angkatan 2017 di lingkungan tempat tinggal masing-masing. Kegiatan ini dilaksanakan di berbagai bidang baik kesehatan, pendidikan, integrasi sosial, maupun sektor produksi sesuai dengan bidang keilmuan masing-masing mahasiswa. Dengan adanya program ini diharapkan mampu membantu masyarakat tanggap dan tangguh menghadapi Covid-19.

Dalam kegiatan KKN UNS Era Covid-19 ini, mahasiswi atas nama Isna Atikoh turut mengambil peran dalam mengatasi pandemi di lingkungan tempat tinggalnya, tepatnya di Dukuh Kepuh Babon, Sangubanyu, Buluspesantren, Kebumen dengan mengambil tema "Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19 dan Cara Menyikapinya".

Pelaksanaan KKN UNS Era Covid-19 di DukuhKepuh Babon dilaksanakan sejak tanggal 15 Mei 2020 -- 30 Juni 2020 dengan bekerjasama dengan Bapak Ahmad Hadi selaku ketua RT. Terdapat dua metode yang digunakan, yakni metode daring/online (dengan melalui grup whatsapp dan akun instagram) serta luring/offline (secara langsung terjun ke lapangan) dengan empat program kerja utama. Pertama, Kenali Covid dan Cegah Bersama merupakan program kerja yang mana memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang Covid-19 dan bagaimana cara mencegah penularannya (sosialisasi dengan pamflet secara door to door dan media sosial serta membagikan handsanitizer).

Kedua, program kerja Yuk Belajar yang mengajak anak-anak di Dukuh Kepuh Babon khususnya untuk tetap mengoptimalkan waktu belajar di rumah karena sekolah yang diliburkan. Tidak hanya belajar, anak-anak juga dibiasakan untuk menerapkan PHBS (cuci tangan dengan sabun) serta  berkreatifitas dengan membuat berbagai macam origami dan anyaman kertas. Selanjutnya terdapat program kerja Share Info Online yang mana merupakan program kerja yang dilaksanakan dengan memanfaatkan platform sosial media seperti whatsapp (grup) dan instagram. Dengan program ini Isna memberikan informasi mengenai Covid-19 serta beberapa inovasi kegiatan selama "Di Rumah Aja" secara berkala. 

Program kerja yang terakhir yakni penyediaan tempat cuci tangan di tempat umum. Mahasiswi KKN Isna membuat dua buah tempat cuci tangan yang kemudian diserahkan kepada pengasuh Mushola Fathul Ulum, Kyai Slamet Muhlisin untuk kemudian ditempatkan di bagian pelataran depan putri dan bagian pelataran depan putra. 

Adapun program kerja pendukung lainnya adalah turut serta dalam penjagaan posko Covid-19 dan ikut andil dalam penyemprotan disinfektan rumah warga.

Diharapkan dengan adanya program KKN UNS Era Covid-19 ini dapat membantu masyarakat menambah pemahaman dan pengetahuan masyarakat mengenai Covid-19 serta dapat melaksanakan protokol kesehatan dalam keseharian guna mencegah penyebaran Covid-19.

VIDEO PILIHAN