Mohon tunggu...
Amar Isnanta
Amar Isnanta Mohon Tunggu... Mahasiswa - 21107030096-Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Mulailah hidup dengan baik

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Max Verstappen: Pembalap Termuda Peraih 25 Kemenangan

15 Juni 2022   21:04 Diperbarui: 16 Juni 2022   00:19 279 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Rekor Baru Max Verstappen Sumber : FORMULA 1 (@f1) * Instagram photos and videos

Max Verstappen, siapa yang tidak kenal Max Verstappen? Tentu saja bagi para penggemar F1 tidak asing lagi dengan yang namanya Max Verstappen, seorang pembalap Red Bull asal Belanda yang baru saja meraih gelar Juara Dunia F1 pada Tahun 2021 lalu. Kali ini kita akan membahas tentang rekor baru yang baru saja dipecahkan oleh Max Verstappen, yaitu Rekor pembalap termuda yang meraih 25 kemenangan selama masa karir nya di Formla 1.

Setiap hal di F1 memiliki rekor, baik itu rekor baik ataupun rekor buruk selalu di catat oleh F1 dalam setiap waktunya. Max Verstappen baru saja memecahkan rekor ini dengan meraih kemenangannya ke 25 pada usia 24 Tahun 255 Hari. Sebelumnya, rekor ini pernah dipegang oleh Sebastian Vettel. Vettel sendiri memenagkan 25 balapannya pada umur 25 Tahun 103 Hari, Itu adalah sebuah Rekor yang sangat hebat, apapun yang terjadi dalam F1, pasti akan dicatat dalam sejarah.

Max Verstappen memang dikenal sebagai pembalap dengan keagresifan nya dalam membalap. Ia juga pembalap yang pantang menyerah dan selalu berusaha. Pada tahun 2015 lalu, awal mula Verstappen memulai karir nya di ajang balap Formula 1 bersama tim Toro Rosso yang sekarang berubah nama menjadi Alpha Tauri. Ia masuk ke F1 pada saat itu memiliki usia yang masih sangat muda yaitu pada usia 17 Tahun 166 hari, namun dengan usia yang masih sangat muda tersebut, Verstappen sangat pandai dalam menunjukkan bakatnya di F1. Sampai akhirnya pada Tahun 2016, ia direkrut ke Tim utama yaitu Red Bull. 

Pada saat itu terjadi pertukaran tim antara Daniil Kyvat dan Max Verstappen, pertukaran itu terjadi saat balapan ke 5 Tahun 2016, tepatnya pada GP Catalunya, Spanyol. Salah satu hal yang menakjubkan pada saat itu, ketika Max Verstappen pertama kali balapan menggunakan movil baru yang ia kendarai, yaitu Red Bull, Max Verstappen langsung bisa memenangkan balapan tersebut, dan Max Verstappen meraih kemenangan pertamanya di F1 dan Redbull sekaligus menjadi pembalap termuda yang memenangkan kemenangannya di F1 hingga saat ini, Verstappen sendiri memenangkan kemenagan perdana nya pada usia 18 Tahun 227 Hari yang sebelumnya rekor itu dipegang oleh Sebastian Vettel yang memenangkan kemenangan perdana nya pada usia 21 Tahun 74 Hari.

Kemenangan perdana Max Verstappen, Spain 2016 Sumber: Max Verstappen - First F1 win an 'amazing' feeling (espn.co.uk)    
(function(d,a,b,l,e,_) {
if(d[b]&&d[b].q)return;d[b]=function(){(d[b].q=d[b].q||[]).push(arguments)};e=a.createElement(l);
e.async=1;e.charset='utf-8';e.src='//static.dable.io/dist/plugin.min.js';
_=a.getElementsByTagName(l)[0];_.parentNode.insertBefore(e,_);
})(window,document,'dable','script');
dable('setService', 'kompasiana.com');
dable('sendLogOnce');
dable('renderWidget', 'dablewidget_370Kq2ox');
Kemenangan perdana Max Verstappen, Spain 2016 Sumber: Max Verstappen - First F1 win an 'amazing' feeling (espn.co.uk) (function(d,a,b,l,e,_) { if(d[b]&&d[b].q)return;d[b]=function(){(d[b].q=d[b].q||[]).push(arguments)};e=a.createElement(l); e.async=1;e.charset='utf-8';e.src='//static.dable.io/dist/plugin.min.js'; _=a.getElementsByTagName(l)[0];_.parentNode.insertBefore(e,_); })(window,document,'dable','script'); dable('setService', 'kompasiana.com'); dable('sendLogOnce'); dable('renderWidget', 'dablewidget_370Kq2ox');

Setelah itu, Max Verstappen mulai banyak diperhatikan seperti penggemar F1 yang mulai melihat kehebatan pembalap muda tersebut. Sampai pada kemenangan nya itu Max Verstappen dibuatkan lagu oleh fans F1 yang berjudul "Super Max" dan lagu itu masih cukup sering terdengar hingga sekarang. Verstappen juga memilki talenta yang hebat, salah satunya pada GP Brazil, ia berhasil mengendalikan diri dari spin yang dialaminya ketika race di Brazil yang pada saat itu cuaca hujan sedang menyirami circuit Brazil tersebut, ia pun juga meraih podium juara ke 2 pada race tersebut. Usaha selalu dilakukan oleh Max bagaimana caranya ia bisa memenangkan Juara Dunia, karena dengan usia yang masih terpaut muda dan skill yang mumpuni inilah yang menjadikannya pembalap asal Belanda tersebut sangat mungkin untuk meraih gelar Juara Dunia di Formula 1.

Masuk musim 2021, pada saat itu Hamilton sangat mendominasi seluruh balapan Formula 1  yang sebelumnya pada Tahun 2020 ia telah memenangkan gelar Juara Dunia nya ke 7 sekaligus menyamakan rekor Michael Schumacher. Namun, dengan mendominasi nya Hamilton selama Era Hybird ini, tidak membuat Verstappen putus asa. 

Usaha yang dilakukan oleh Verstappen dan juga Red Bull tidak sia sia. Sepanjang Tahun 2021, Verstappen mampu menyaingi Lewis Hamilton pada setiap balapannya, bisa dikatakan, 2021 adalah Tahun yang cukup seru pada F1 Era Hybird dan juga Red Bull bisa bangkt setelah terakhir kemenangan di F1 pada Tahun 2013 alias era Sebastian Vettel di Red Bull. Persaingan ketat di Tahun 2021 menjadikan Mercedes geram, sebab sebelumnya Mercedes selalu berada di Zona Nyaman sepanjang Era Hybird dan akhirnya mereka punya saingan ketat untuk memperebutkan Juara Dunia 2021. Puncaknya adalah GP Abu Dhabi 2021, Verstappen dan Hamilton memiliki Point yang sama sebanyak 369,5 Poin pada saat itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan