Mohon tunggu...
Ismuhadi
Ismuhadi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Institut Teknologi dan Sains Nahdlatul Ulama Pekalongan

Manusia yang senang menyulam kata, menceritakan jiwa, dan menerangi dunia dengan imajinasi yang tak terbatas.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Memantik Kemandirian Desa dari Kacamata Generasi Muda

6 November 2023   07:01 Diperbarui: 6 November 2023   07:01 141
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber : https://www.freepik.com

"Ahh.. panas banget hari ini." itulah ungkapan dari ku untuk mengekspresikan cuaca terik yang melanda daerah kelahiran ku sejak beberapa bulan yang lalu. Cuaca yang panas, rupanya tak menyurutkan semangat ku untuk terus merangkai kata agar dapat menyajikan tulisan untuk nantinya dinikmati semua orang.

Otak ku kembali gelisah dan bergejolak, sempat terlintas dalam fikiran ku membayangkan bagaimana cara agar semua desa bisa maju? Apakah mungkin? Atau ini hanya akan menjadi sebuah imajinasi yang hanya akan tersimpan dalam benakku saja?

Kalau melihat desa di beberapa daerah seperti Yogyakarta dengan berbagai konsep pertanian terpadunya dan Banyumas dengan tata kelola sampah yang begitu mencuri perhatian bukan hanya secara nasional namun hingga internasional.

Saya yakin, setiap desa memiliki keunggulan dan potensi nya masing-masing termasuk desa tempat tinggal ku, Hanya saja perlu untuk di telusuri lebih jauh lagi. Sebab, seandainya setiap desa mampu menemukan jati dirinya, bukan tidak mungkin semua desa bisa berkembang dengan pesat.

Mengapa Masyarakat dan Pemerintah Harus Bersinergi?
Tulisan ini saya sajikan dengan mengacu pada sudut pandang saya sebagai orang awam, terkait pentingnya sinergi antara masyarakat dan pemerintah dalam membangun desa.

Sebagai seorang yang peduli terhadap kemajuan desa, saya yakin bahwa sinergi antara masyarakat dan pemerintah merupakan kunci utama dalam mencapai perkembangan yang berkelanjutan. Kolaborasi erat antara kedua pihak ini bukan sekadar keinginan, melainkan kebutuhan mendesak. Mengapa hal ini begitu penting?

Pertama, melalui kerja sama yang solid, masyarakat dapat memberikan wawasan yang mendalam tentang kebutuhan dan harapan lokal. Kedua, sinergi ini juga memastikan adanya transparansi dalam penggunaan dana publik. Dengan keterlibatan masyarakat dalam memantau dan mengawasi pengelolaan anggaran, risiko korupsi dan penyalahgunaan dana dapat ditekan.

Kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah akan semakin kokoh, dan hal ini menjadi pondasi yang kuat untuk pembangunan yang berkelanjutan.Selain itu, andil generasi muda juga sangat di butuhkan, karena peran pemuda adalah sebagai Agent of Change.

Peran Generasi Muda Sangat Penting
Sebagai seorang yang percaya pada peran penting pemuda dalam membangun desa, saya terinspirasi oleh inisiatif yang dilakukan oleh pemuda di daerah Gunung Kidul. Melalui berbagai proyek dan kegiatan, mereka telah membuktikan betapa besar pengaruh positif yang dapat diciptakan oleh semangat kolaboratif dan kreativitas pemuda.

Salah satu contoh yang menginspirasi adalah program pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan keterampilan yang dilakukan oleh pemuda setempat. Mereka mengorganisir lokakarya untuk mengajarkan keterampilan praktis seperti pertanian organik, kerajinan tangan, dan keahlian teknologi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun