Mohon tunggu...
Ismi Nurmahalah
Ismi Nurmahalah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Univesitas Pendidikan Indonesia

Mahasiswa Prodi Pendidikan Tata Busana - Universitas Pendidikan Indonesia

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

KKN Tematik UPI 2022: Memperbaiki Infrastruktur untuk Memberdayakan Masyarakat di Desa Suntenjaya

15 Agustus 2022   17:00 Diperbarui: 15 Agustus 2022   17:13 49 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

SDG's adalah singkatan dari Sustainable Development Goals atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) merupakan suatu rencana aksi global yang disepakati oleh para pemimpin dunia termasuk Indonesia yang bertujuan untuk menyejahterakan masyarakat dalam mengatasi kemiskinan, kesenjangan social dan perubahan iklim. 

Untuk mewujudkan rencana SDG's ini, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG's Desa yang diterapkan dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang dilakukan pada bulan Juli-Agustus.

Kelompok 76 merupakan salah satu kelompok KKN yang memiliki tujuan untuk memberdayakan masyarakat di Desa Suntenjaya. Tema yang diambil dari kelompok 76 yaitu "Desa Infrastruktur dan Inovasi Sesuai Kebutuhan Desa". Tema ini diharapkan bisa memberikan dampak baik bagi Desa Suntenjaya terutama dalam bidang infrastruktur.

Setelah dilakukan survey (12/07/2022) diberbagai tempat di Desa Suntenjaya terpilihlah Batuloceng yang akan dijadikan tempat untuk dilaksanakannya KKN. Di desa bisa dikatakan sudah cukup baik terutama di bidang infrastruktur tetapi ada suatu tempat yang bisa dikatakan kurang layak pakai yaitu lapang voli yang dimana lapang voli ini biasa dipakai oleh masyarakat setempat untuk berbagai kegiatan. 

Karena dampak covid-19 maka masyarakat kurang memerhatikan fasilitas olahraga di desa tersebut. 

Maka dari itu, kelompok 76 membuat program kerja untuk memperbaiki fasilitas olahraga di desa Suntenjaya dengan cara membersihkan dan mengecat ulang lapang tersebut. Kegiatan ini dilakukan oleh kelompok 76 bersama dengan masyarakat setempat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa mengaktifkan kembali lapangan olahraga untuk memberdayakan masyarakat setempat.

Selain kegiatan memperbaiki lapang voli, kelompok 76 juga melakukan program kerja bakti Mingsih (Minggu Bersih) bersama warga Batuloceng di lingkungan RW:10 (24/07/2022) mulai dari membersihkan tumbuhan liar di jalan umum dan di gorong-gorong agar air limbah rumah tangga mengalir dengan lancar. 

Kegiatan ini sebenarnya sudah dilakukan oleh masyarakat tetapi sudah berhenti sekitar 3 bulan yang lalu karena adanya masalah internal. Maka dari itu dengan adanya program kerja bakti ini diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan mengaktifkan kembali kegiatan yang sebelumnya pernah dilakukan.

dokpri
dokpri

Pada hari Rabu (27/07/2022) diadakan kegiatan games olahraga tradisional dengan anak-anak masyakakat Batuloceng RW:10 yang bertempat di lapang voli yang sebelumnya sudah di bersihkan dan bisa dipakai kembali. Permainan yang dilakukan berupa lomba bakiak, oray-orayan, sasayiran, hadangan, lompat karet dan egrang patok. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan