Mohon tunggu...
Alfathan Rahman
Alfathan Rahman Mohon Tunggu... Blogger, kompasiana kontributor

Full time Blogger Ismimalfathan www.ismimalfathan.wordpress.com, dan www.alfa27.com "Membangun bangsa dengan tulisan"

Selanjutnya

Tutup

Balap Artikel Utama

Valentino Rossi, Pelopor Regenerasi di MotoGP

3 Oktober 2020   17:48 Diperbarui: 3 Oktober 2020   21:59 555 10 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Valentino Rossi, Pelopor Regenerasi di MotoGP
Sumber : Gettyimages via Kompas.com

Legenda, ialah seorang Valentino Rossi.

Mengawali karirnya di ajang Grand Prix sejak 1996 lalu, berbagai prestasi pun berhasil ia ukir sebagai awal yang cemerlang untuk menuntun karirnya menuju kelas premier. Kemudian pada tahun 2000, ia datang untuk bersaing di kelas para raja dengan kepala tegap.

Dua gelar juara dunia di kelas pemula dan intermediate sudah cukup menggambarkan kelayakan The Doctor untuk berada di kelas tertinggi. 

Karirinya pun justru semakin meroket tanpa ada satu pun orang yang bisa membendungnya. Berhasil menjadi juara dunia di tahun 2001, gelar tersebut tidak berhenti berada di pangkuannya selama 5 tahun berturut-turut.

Kemudian ia berhasil kembali menambah gelar juara dunia di tahun 2008 dan 2009. Total ia berhasil mengemasi 9 gelar juara dunia dan hanya kalah dari perolehan gelar Giacommo Agostini dan Angel Nieto. 

Kini usianya semakin senja. Sudah 11 tahun sejak juara dunia terakhir kali berada di pangkuannya. Tapi hal tersebut tak menghentikannya untuk terus membalap, setidaknya untuk 1-2 tahun ke depan.

Akan tetapi di balik passionnya yang sangat kuat di MotoGP, ada satu hal yang juga sangat saya apresiasi dari sosok Rossi yakni VR46 Rider Academy.

Pendapat saya secara pribadi, akademi milik Rossi adalah salah satu yang tersukses di dunia. Bisa kita lihat bagaimana para siswanya berhasil mencetak prestasi yang sangat positif di ajang Grand Prix baik itu Moto3, Moto2, dan MotoGP. Franco Morbidelli berhasil meraih kemenangannya pada seri San Marino beberapa pekan yang lalu diikuti Peco Bagnaia yang berhasil meraih podium kedua. 

2 siswa SKY Vr46 Academy berhasil berdiri di puncak podium di kelas utama MotoGP. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa bagi seorang Valentino Rossi...

Menilik sejarah terciptanya VR46 Academy

Rossi sadar akan dominasi pebalap Spanyol yang semakin tak terbendung. Apalagi pada periode tahun 2008 hingga kini, pebalap top seperti Jorge Lorenzo dan Dani Pedrosa mampu mengikis dominasi The Doctor di MotoGP.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN