Mohon tunggu...
Ismi Aryanti
Ismi Aryanti Mohon Tunggu... Ismi Aryanti Khusnul Khatimah

" Mahasiswa Prodi Pendidikan IPA, Universitas Pancasakti Tegal "

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Belajar Online Saat Pandemi Covid-19? Apa yang Dilakukan?

26 November 2020   21:36 Diperbarui: 26 November 2020   22:04 98 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belajar Online Saat Pandemi Covid-19? Apa yang Dilakukan?
dok.pribadi

Hallo para pembaca artikel ini. Berikut ini saya akan menguraikan sedikit tentang hal-hal yang dilakukan saat belajar online pada saat pandemi covid-19. Semoga dapat dipahami dan dapat bermanfaat bagi kita semua yah. Jangan lupa like and share, dan jika ada pertanyaan bisa ditulis di kolom komentar ya. Selamat membaca.

Di masa pandemi covid seperti sekarang ini, tidak memungkinkan untuk melaksanakan aktivitas pembelajaran tatap muka di sekolah, oleh karena itu demi menjaga kesehatan dan keselamatan bersama, sekolah-sekolah atau universitas melakukan pembelajaran online atau yang disebut juga dengan daring. Pembelajaran dengan cara daring adalah pembelajaran yang dilakukan dengan metode LMS (Learning Manajemen System) yaitu dilakukan menggunakan aplikasi blajar online seperti zoom, google meet, microsoft teams, dan sebagainya. Berikut ini beberapa gambaran yang biasanya dilakukan saat belajar online:

  • Belajar dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi belajar online.

Pada saat belajar online kita dapat menggunankan berbagai macam aplikasi belajar online seperti Zoom meeting, Google meet, Google classroom, Telegram, Microsoft teams, dan sebagainya. Oleh karena itu, sebelum melakukan pembelajaran online hendaknya kita terlebih dahulu mempersiapkan aplikasi yang akan digunakan. Selain aplikasi, memori, flash disk atau tempat penyimpanan pun harus memadai. Karena jika penyimpanan penuh tentunya kita tidak dapat menginstal aplikasi-aplikasi tersebut. Selain hal tersebut, kita juga perlu mempersiapkan kuota internet agar dapat menggunakan aplikasi tersebut.

  • Absensi dilakukan secara online melalui berbagai macam aplikasi pembelajaran.

Absensi yang dilakukan saat belajar online berbeda dengan absensi yang dilakukan pada saat pembelajaran tatap muka, dimana pada saat belajar online absensi  dilakukan menggunakan aplikasi belajar online seperti google formulir, telegram, Google classroom, dan berbagai macam aplikasi belajar lainnya. Contohnya dilakukan dengan cara menuliskan nama dan nomor absen kita. Tetapi,  ada juga guru yang mengabsen dengan memanggil nama murid-muridnya, seperti pada saat belajar offline.

  • Pengumpulan tugas dilakukan secara online.

Pengumpulan tugas saat belajar online tentunya berbeda dibandingkan saat belajar tatap muka, dimana saat belajar tatap muka biasanya kita mengumpulkan tumpukan buku-buku tugas yang pasti nya memberatkan saat pengumpulan karena saking banyaknya buku-buku tersebut hal ini seperti yang sering di alami oleh ketua kelas yang biasanya mendapat tugas untuk mengumpulkan buku-buku dari teman sekelasnya yang kemudian dibawa ke meja guru untuk dinilai. Nah pada saat belajar online, pengumpulan tugas biasanya dilakukan dengan menggunakan aplikasi belajar online, seperti menggunakan email, google classroom di menu class work, dan sebagainya.

  • Penyampaian materi dilakukan melalui share screen.

Jika sebelumnya para guru atau murid menulis materi di papan tulis, yang tentunya memakan waktu yang cukup lama dalam penulisannya, selain itu juga meterinya tidak bisa disimpan atau dilihat ketika sudah dihapus, sekarang dengan pembelajaran online penulisan materi dilakukan dengan menggunakan powerpoint atau diketik dan dijadikan dokumen, yang kemudian ditampilkan pada layar (share screen) pada saat pembelajaran.

  • Pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital.

Pada saat pandemi covid seperti ini, tidak memungkinkan para siswa untuk datang langsung ke perpustakaan ofline, oleh karena itu selain menggunakan buku atau artikel yang kita miliki, pencarian informasi dapat dilakukan dengan memanfaatkan media digital. Di internet banyak sekali menyediakan materi-materi yang dapat dimanfaatkan untuk belajar, sekarang juga berkembang perpustakan digital yang dapat di akses melalui internet, jadi manfaatkanlah kemudahan-kemudahan tersebut untuk hal-hal yag positif ya.

Sekian artikel dari saya, somoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share jika dirasa artikel ini bermanfaat, Terimakasih.

VIDEO PILIHAN