Mohon tunggu...
Ismat Maulana
Ismat Maulana Mohon Tunggu... saya akan mencoba menulis

Hallo saya Ismat Maulana, semoga para pembaca senang dengan tulisan saya

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Kenakalan Remaja

9 April 2021   22:00 Diperbarui: 9 April 2021   21:59 48 1 0 Mohon Tunggu...

Kenapa dikatakan bahwa yang mendominasi kenakalan remaja adalah anak-anak SMP, SMA dan sederajat ?

Karena banyak yang berpendapat bahwa yang paling sering melakukan tindakan penyimpangan yaitu remaja-remaja di usia SMP dan SMA. Yang mendasari kenakalan remaja pada kalangan usia SMP dan SMA yaitu adanya fase peralihan secara biologis dan psikologis dari usia kanak-kanak ke remaja awal. Pada fase ini adanya perubahan perilaku rasa ingin tahu, rasa ingin mencari, rasa ingin dihargai, serta rasa ingin mengexplor segala sesuatu apa yang dilihat, di dengar dan dirasakannya. Jadi mudah terpengaruh dan masih sangat labil oleh hal-hal dari luar, baik yang negatif maupun positif. Namun yang paling cepat merasuki diri para remaja yaitu factor negative. Rasa keingintahuan para remaja yang sangat besar, sehingga tidak mikir panjang apakah itu baik atau buruk, yang penting setiap ada hal-hal baru mereka ingin tau dan pasti mencobanya.

               Ada beberapa bentuk kenakalan remaja diantaranya : Balapan motor, tauran, minuman-minuman keras bahkan sampai pada tindak yang dapat merusak moral bangsa ini, yaitu penggunaan narkoba/narkotika. Adapun  yang menjadi sumber utama kenakalan remaja ini yaitu faktor keluarga dan lingkungan. Keluarga yang berantakan 80 % mengakibatkan terjadinya kenakalan pada remaja. Ketika kedua orang tua sering cekcok/berkelahi dan mengakibatkan keluarganya hancur, maka emosi seorang anak akan membludag sehingga terciptanya broken home. Dan pada akhirnya sang remaja tidak betah di rumah, sehingga mereka terjerumus pada pergaulan yang negatif. Adapun faktor lain yang menyebabkan remaja terjerumus kedalam pergaulan yang negatif yaitu teman sepermainan atau lingkungan. Karena teman bergaul atau lingkungan sangat berperan penting dalam kehidupan seorang remaja.

                Pergaulan seringkali merubah jati diri seseorang, wabil khusus para remaja. Contohnya seorang remaja yang pendiam, bisa saja menjadi seorang pembangkang akibat pergaulan tadi. Namun tidak semua teman atau lingkungan membawa dampak negative, ada juga teman yang membawa dampak positif. Dengan berteman sama orang yang tepat, maka akan membuahkan hasil yang positif.

           

Menurut opini saya pada dasarnya kenakalan remaja merupakan penyimpangan sosial atau permasalahan sosial yang tidak sesuai dengan adat istiadat dan norma dalam masyarakat. Kalangan anak SMP, SMA dan sederajat yang mendominasi kenakalan remaja ini.                 

 Perlu adanya perhatian khusus serta pemahaman yang baik dan penanganan yang tepat untuk mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi pada kenakalan remaja, disamping itu untuk mencapai hasil yang maksimal harus adanya kerjasama juga dari orang tua, guru, remajanya itu sendiri,dan pihak-pihak lain yang terkait.

Karena para remaja adalah salah satu harapan bangsa ini, dan para remaja pulalah yang akan menjadi pemimpin negri ini 10 atau 20 tahun yang akan datang.

               

VIDEO PILIHAN