Mohon tunggu...
Isbel Rasi Dewata
Isbel Rasi Dewata Mohon Tunggu... Isbel

Never give up

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Mengenal Kesenian Randai Minangkabau

21 Juni 2021   12:13 Diperbarui: 21 Juni 2021   12:18 31 1 0 Mohon Tunggu...

Minangkabau merupakan suku dengan budaya  sistem kekerabatan matrilineal terbesar di dunia. Yang mana, di Minangkabau banyak sekali berbagai macam tradisi yang ada didalamnya. Baik dari kesenian, pakaian, makanan, serta pagelaran dalam acara-acara tertentu, seperti adat turun mandi, bainai, dan lain-lain. Dalam kesenian di Minangkabau ada satu hal yang sangat menarik yaitu tradisi Randai. Kenapa dikatakan menarik? Dalam permainan randai, pemain membentuk lingkaran dan ada beberapa orang yang melakukan drama di dalam lingkaran.

Kesenian Randai adalah kesenian yang berasal dari Minangkabau, yang mana kesenian ini merupakan sejenis tari-tarian dan ada juga drama di dalamnya, cara bermain randai adalah dengan membentuk lingkaran dan melangkahkan kaki secara perlahan dengan diiringi lagu yang berisi cerita yang mana lagu itu tadi akan dibuat menjadi sebuah drama dalam lingkaran tersebut. Maka dari itu kesenian Randai juga bisa dibilang kesenian gabungan dari beberapa seni yang lainnya, yang mana di dalam randai mengandung unsur seni lagu, music, tari, drama dan silat menjadi satu.

Permainan ini dipimpin oleh seorang yang disebut sebagai pangggoreh, yang mana bertugas mengeluarkan teriakan khas seperti ep tah tih, ini bertujuan untuk mengatur tempo gerakan seiring dengan dendang atau gurindam agar terlihat kompak dan seirama. Dalam Randai, mempunyai satu penggoreh dalam satu grup, tetapi penggoreh ini juga bisa digantikan oleh rekan tim lainnya jika penggoreh sebelumnya kelelahan. Karena, dalam randai untuk menuntaskan satu cerita bisa menghabiskan waktu 1 sampai 5 jam.

Permainan randai biasanya mengambil cerita dari kehidupan nyata yang ada di tengah masyarakat. Randai sendiri berfungsi sebagai seni pertunjukan dan juga hiburan. Yang mana, didalamnya juga disampaikan pesan dan nasehat-nasehat. Dan semua gerakan randai dipandu oleh aba-aba salah seorang yang disebut dengan Janang.

Jadi kesenian Randai adalah suatu kesenian yang berasal dari Minangkabau yang mana dimainkan secara berkelompok, dengan menggabungkan berbagai macam unsur seni ke dalamnya, yang mana asal usul kesenian ini ceritanya diambil dari kenyataan hidup masyarakat itu sendiri. Kesenian ini harus tetap di pertahankan dan diwariskan kepada generasi selanjutnya agar bisa dinikmati oleh masyarakat sebagai hiburan dan tidak hilang diterpa zaman.

VIDEO PILIHAN