Mohon tunggu...
Isabella Chandra
Isabella Chandra Mohon Tunggu... -

Editor Hotcourses Indonesia (www.hotcourses.co.id), website berbahasa Indonesia yang menyediakan informasi universitas dan program kuliah di luar negeri khususnya di Australia, Amerika, Inggris, Selandia Baru, Belanda, Swedia, Irlandia, Singapura dan Malaysia. Hotcourses juga menyediakan informasi ulasan universitas luar negeri dari mahasiswa Indonesia maupun internasional, serta informasi beasiswa luar negeri.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Informasi Tes TOEFL

27 Oktober 2011   13:23 Diperbarui: 26 Juni 2015   00:26 117 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Digital. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Jika Anda ingin mengikuti program kuliah sarjana dan pascasarjana di negara berbahasa Inggris, Anda akan diminta untuk membuktikan kemampuan bahasa Anda. Salah satu cara untuk melakukan ini adalah dengan mengambil tes TOEFL. Tes TOEFL diselenggarakan oleh ETS dan tersedia dalam bentuk kertas (paper-based - PBT) atau internet (internet-based - iBT). Tujuan utamanya adalah untuk mengukur tingkat kemampuan Anda dalam memahami bahasa Inggris secara verbal dan tertulis dan untuk mengerti tulisan Inggris akademis pada tingkat universitas. Tes TOEFL diakui oleh lebih dari 130 negara dan 7,500 kolese dan institusi di seluruh dunia. Nilai yang diperoleh dari TOEFL akan digunakan untuk penerimaan dalam program berbahasa Inggris, beasiswa, dan keperluan imigrasi. Pada awalnya TOEFL dikembangkan untuk mengukur kemahiran bahasa Inggris mahasiswa internasional yang berniat untuk kuliah di Amerika Serikat dan Kanada. Karena itu, format penilaian tes ini banyak berupa pilihan ganda, sesuai dengan sistem ujian universitas di Amerika. Walaupun demikian, universitas Inggris juga sudah banyak yang menerimanya.

Struktur Tes

Struktur PBT atau iBT tidak terlalu berbeda. Keduanya tediri dari empat bagian: Membaca: Anda akan diminta untuk membaca beberapa artikel (tingkat universitas) dan menjawab pertanyaan pilihan ganda. Pertanyaan-pertanyaan dirancang untuk menguji pemahaman Anda dalam membaca, fakta-fakta penting, kosakata dan gaya bahasa. Mendengar: Di bagian ini Anda akan diberikan kutipan dari percakapan atau konferensi. Semua ini dipersiapkan sesuai dengan kehidupan universitas yang nyata, dengan percakapan di antara mahasiswa dengan dosen di kelas. Pertanyaan berupa pilihan ganda dan melihat ketelitian, saran, dan kosakata. Ini semua sangat natural dan informal karena Anda akan mendengar kata-kata seperti “um” atau “uhm” saat mereka berbicara. Berbicara: Anda akan berbicara dengan mikropon perekam suara. Setelah ini, penguji menilai dengan mendengar jawaban dari Anda. Akan ada dua pertanyaan yang lebih personal, seperti meminta Anda untuk menceritakan kota asal atay guru favorit Anda. Pada dua pertanyaan lainnya, Anda akan diminta untuk membaca dan memahami sebuah teks atau percakapan, yang nantinya akan Anda jelaskan lagi kepada penguji. Menulis: Di bagian ini, ada dua esai pendek yang akan Anda tulis. Esai pertama, Anda akan diberikan sejumlah topik bersifat umum, seperti bagaimana internet telah mengubah gaya hidup kita atau apa yang ingin Anda ubah di negara Anda. Esai kedua, Anda akan perlu menganalisa bahan bacaan dan menulisnya menjadi sebuah esai argumentatif.

Apa perbedaan TOEFL dengan IELTS?

Hal pertama, sistem penilaian berbeda untuk IELTS. Pada IELTS, nilai akhir Anda akan diperoleh dari rata-rata jumlah skor pada setiap bagian dari tes, ini dinilai dari 1 – 9, sedangkan nilai akhir Anda pada TOEFL akan diperoleh dari jumlah skor pada setiap bagian. Selain itu, jika pada tes berbicara IELTS Anda akan berhadapan dengan penguji secara langsung, TOEFL menerapkan sistem berbicara dengan mikropon perekam. IELTS lebih terkenal di Inggris dan Eropa dibandingkan dengan TOEFL yang lebih diakui di Amerika, Kanada dan Australia. Akan tetapi, sekarang sudah banyak universitas di yang mengakui kedua tes tersebut.  Tujuan dari IELTS dan TOEFL sama dan biasanya tergantung negara tujuan pilihan masing-masing siswa. TOEFL memberikan pilihan untuk mengerjakan tes dengan internet, yang mungkin berguna bagi siswa yang bertempat tinggal di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut dan tanggal ujian di Indonesia, coba buka situs resmi TOEFL. Lihat di sini untuk daftar lengkap universitas Amerika beserta program yang ditawarkan, serta cari tahu persyaratan minimum nilai TOEFL yang diminta. Artikel lengkap bisa dilihat di sini.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan