Mohon tunggu...
Irwanto Kambose
Irwanto Kambose Mohon Tunggu... Lainnya - penulis

Human Right

Selanjutnya

Tutup

Filsafat

Historc Fiat Justitia Et Pereat Mundus

3 September 2022   17:15 Diperbarui: 3 September 2022   17:27 380
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pada abad 43 M, yang paling di takuti adalah langit akan runtuh, karena di kala itu kaisar romawi yg bernama Alexandria yg terkenal dengan kekejamannya, dan dia juga di sebut sebagai sang raja penguasa laut merah.

Satu ketika dia bertemu dengan seorang pelaut, pelaut itu adalah duta besar caltae dari laut Adriatik. Raja Alexandria lalu bertanya, kepada siapakah yg paling kau takuti, sang pelaut menjawab berbeda dari apa yg dipikirkan oleh Sang raja seb ia tau bahwa dirinya yg paling di takuti karena kekejamannya. 

Tetapi pelaut itu mengatakan yg palig aku takuti adalah "jika langit runtuh, lalu menimpah mereka" Alexandria terngaga karena hambanya lebih takut pada langit ketimbang dirinya.

Pada jaman itu seolah langit sebagai sosok yg mengancam bagi siapa saja,  maka sejak itulah muncul adagimum yg di ucapkan oleh Lucius yaitu FIAT JUTITIA ET PEREAT MUNDUS (Walaupun langit runtuh namun keadilan harus di tegakkan)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Filsafat Selengkapnya
Lihat Filsafat Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun