Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang freelance

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Transportasi

Tersiksa Karena Asia Afrika.

16 Mei 2015   04:09 Diperbarui: 17 Juni 2015   08:41 36 2 2

Sore ini jalan utama sekitar Semanggi ditutup. Kantor-kantor banyak yang mengizinkan karyawannya pulang lebih awal. Tapi tidak sedikit pula yang harus bekerja sampai jam 6 sore karena sifat pekerjaan yang menuntut begitu.

Bagi karyawan yang pulang setelah jam 4 sore, langsung kaget melihat jalanan sepi. Yang bawa mobil sendiri bingung terjebak di jalan tikus seperti di seputar Bendungan hilir. Bagi yang naik kendaraan umum tentu tak kalah repotnya. Dengan nafas tersengal jalan kaki mencari ojek atau taksi yang juga langka, dan itupun ada di persimpangan dengan jalan utama.


Kita boleh bangga sebagai tuan rumah yang baik atas perhelatan besar negara negara Asia Afrika. Tapi efek samping yang menyiksa masyarakat perlu ditangani dengan baik. Bila di masa mendatang acara serupa diselenggarakan lagi, sebaiknya tidak lagi di JCC. Toh gedung sekaliber sudah ada di Sentul dan di Serpong yang gampang di akses melalui jalan tol, tanpa mengorbankan pengguna Jalan Sudirman dan Kawasan Semanggi yang dalam situasi normal pun sudah macet parah.