Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Kejutan Uzbekistan, Tekuk Inggris dan Ditunggu Perancis

23 November 2023   09:28 Diperbarui: 23 November 2023   09:32 272
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Perancis U-17, salah satu favorit juara | dok. Ikhwan Yanuar, dimuat bola.net

Piala Dunia U17 yang berlangsung di 4 kota di Indonesia (Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Solo) sudah menyelesaikan pertandingan hingga babak 16 besar.

Dengan demikian telah didapat 8 tim yang melaju ke babak perempat final, setelah meraih kemenangan di babak perdelapan final yang berlangsung pada tanggal 20 hingga 22 November 2023.

Uniknya, tiga dari empat pertadingan di perempat final akan mempertemukan tim-tim yang berasal dari zona yang sama.

Hal itu tak terelakkan, mengingat kekuatan sepak bola dunia memang masih didominasi oleh 3 zona, yakni Eropa, Amerika Latin, dan Afrika.

Nah, negara mana saja yang maju ke 8 besar? Dua nama besar Amerika Latin, Brasil dan Argentina akan saling berhadapan. Artinya, salah satu akan terhenti alias gagal ke semi final.

Agak disayangkan, dua negara bertetangga itu harus saling bunuh lebih awal. Padahal, kalau bisa memilih, tentu keduanya ingin bertemu di laga final.

Brasil punya catatan mentereng karena sudah 4 kali juara dunia U-17. Argentina belum sekalipun juara, namun kekuatannya terlihat nyata sewaktu menghempaskan Venezuela 5-0 di 16 besar.

Demikian pula dua raksasa Eropa yang pernah menjadi juara dunia level senior, Spanyol dan Jerman, juga akan saling jegal. Kedua negara ini belum pernah juara dunia U-17.

Berikutnya, dua tim Afrika akan beradu kehebatan untuk meraih 1 tempat di semi final, yakni Maroko dan Mali. Maroko adalah tim yang menghentikan langkah Timnas Indonesia U17 di grup A.

Maroko berhasil melaju ke 8 besar setelah mengalahkan Iran melalui adu penalti. Sedangkan Mali sangat luar biasa dengan melumat Meksiko 5-0.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun