Mohon tunggu...
Irwan Rinaldi Sikumbang
Irwan Rinaldi Sikumbang Mohon Tunggu... Freelancer - Freelancer

menulis untuk menikmati kehidupan

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Timnas U-19, Lebih Membumi dan Tak Tergantung Pemain Kunci

15 September 2022   17:20 Diperbarui: 15 September 2022   17:22 936 38 7
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Hokky Caraka, striker Timnas U-19|dok. Moch Asim/Antara Foto, dimuat detik.com

Pertandingan sepak bola dalam rangka kualifikasi Piala Asia U20 Grup F telah dimulai sejak Rabu kemarin (14/9/2022) yang berlangsung di Gelora Bung Tomo Surabaya.

Ada 4 negara yang tergabung dalam grup F tersebut, yakni Indonesia, Vietnam, Timor Leste dan Hongkong. 

Juara grup sudah pasti lolos babak kualifikasi, sedangkan runner up perlu dilihat dulu posisinya dibandingkan semua runner up di grup lain. 5 runner up terbaik dari 10 grup, akan lolos.

Timnas Indonesia U-19 pada pertandingan pertama berhasil mengalahkan Timor Leste dengan skor 4-0. Demikian pula Vietnam yang menggulung Hongkong 5-1.

Pada tahun ini, para pemain masih disebut sebagai timnas U-19. Tapi, jika lolos babak kualifikasi, karena Piala Asia U-20 berlangsung tahun depan (2023), mereka otomatis disebut sebagai timnas U-20.

Masih terlalu dini memberikan penilaian pada timnas Indonesia dari hasil melawan Timor Leste. Tapi, bagaimanapun juga, kemenangan 4-0 tersebut merupakan langkah awal yang baik.

Salah satu hal positif dari laga kemarin, Indonesia terlihat tak lagi terlalu bergantung pada pemain kunci Marselino Ferdinan.

Buktinya, ketika belum lama babak kedua berlangsung, Marselino ditarik oleh pelatih Shin Tae-yong, dan permainan timnas U-19 tetap berkembang dengan baik.

Padahal, saat Timnas U-19 tampil pada Turnamen Piala AFF U-19 pada Juli lalu, permainan Indonesia terlihat bergantung pada Marselino.

Hal itu terbukti pada saat melawan Thailand, setelah Marselino ditarik karena mengalami cedera, permainan pun jadi kurang berkembang.

Indonesia yang ketika ada Marselino mampu menguasai lapangan tengah, jadi kedodoran ketika Marselino tidak bermain.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan